Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (31/5), mulai dari KPU RI mengatakan putusan Mahkamah Konstitusi terkait sistem pemilu tidak ganggu Pemilu 2024 hingga para petinggi partai politik Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) langsungkan pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada Jumat (26/5) lalu.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. KPU sebut putusan MK soal sistem pemilu tak ganggu tahapan Pemilu 2024

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin mengatakan apa pun putusan Mahkamah Konstitusi terkait sistem pemilu tidak akan mengganggu penyelenggaraan dan pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu 2024.

"Insya Allah tidak (akan mengganggu penyelenggaraan dan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024)," ujar Afif, sapaan akrab Mochammad Afifuddin, kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Prabowo tegaskan Ganjar dan Anies bukan lawan melainkan saudara

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bukanlah lawan bagi dirinya melainkan saudara, meskipun ketiganya saat berstatus sebagai bakal calon presiden untuk Pemilu 2024.

"Kalau nanti insya Allah saya terus capres, ini bukan kampanye ya, kalau nanti Pak Ganjar terus maju, Pak Anies maju juga, saya tidak menganggap mereka lawan. Saya anggap mereka saudara saya sendiri," kata Prabowo dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. NasDem: Pertemuan petinggi KPP tunjukkan soliditas lanjutkan koalisi

Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari mengatakan bahwa pertemuan para petinggi partai politik Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) di kediaman Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada Jumat (26/5) menunjukkan soliditas untuk tetap melanjutkan langkah politik bersama pada Pemilu 2024.

"Menunjukkan bahwa memang koalisi ini masih sangat solid dan kita tentu siap untuk melanjutkan langkah-langkah berikutnya. Jadi tidak ada yang berubah terkait dengan koalisi ini, dan kita justru semakin solid untuk melangkah ke depan," kata Taufik di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Kemendagri: 17 gubernur berakhir masa jabatannya mulai September 2023

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan menyampaikan terdapat sebanyak 17 gubernur yang berakhir masa jabatannya mulai September 2023.

"Sebanyak 17 gubernur bakal berakhir masa jabatannya mulai bulan September 2023," kata Benni dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Kasau: Uji purwarupa KFX/IFX oleh pilot TNI AU sebuah pencapaian

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menilai keterlibatan penerbang TNI AU dalam uji purwarupa jet tempur KFX/IFX KF-21 Boramae merupakan bentuk pengakuan industri pertahanan Korea Selatan terhadap profesionalisme prajurit TNI AU.

Oleh karena itu, keberhasilan uji purwarupa (protoype) KF-21 Boramae, yang salah satu penerbangnya merupakan penerbang TNI AU, menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023