Beijing (ANTARA) - Sebuah survei terbaru menyebitkan bahwa sebagian besar perusahaan asing yang beroperasi di China menyatakan kekaguman mereka atas lingkungan bisnis negara itu yang menguntungkan dan telah menunjukkan kepercayaan besar di pasar.

Sekitar 97 persen dari perusahaan asing yang telah disurvei mengatakan mereka puas dengan kebijakan China dalam meningkatkan investasi asing yang diperkenalkan dari awal kuartal keempat tahun lalu hingga saat ini, kata Wang Linjie, seorang pejabat di Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional (China Council for the Promotion of International Trade/CCPIT) dalam konferensi pers.

Perusahaan-perusahaan asing optimistis terhadap prospek pasar China karena China terus meningkatkan lingkungan bisnisnya, meningkatkan rantai industri dan rantai pasokan, serta memfasilitasi perdagangan lintas batas, kata Wang.

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh CCPIT pada hari yang sama, perusahaan-perusahaan asing optimistis akan perkembangan mereka di China, dengan lebih dari 90 persen responden mengharapkan omzet atas investasi mereka tetap konsisten atau meningkat dalam lima tahun ke depan.

Survei tersebut mengungkapkan bahwa perusahaan-perusahaan asing menunjukkan keinginan yang kuat untuk memperluas operasi bisnis mereka di China.

Lebih dari 70 persen responden mengatakan mereka akan lebih melokalisasi rantai industri mereka di China atau mempertahankan status quo.

Menurut survei tersebut, Delta Sungai Yangtze, Delta Sungai Mutiara, serta kota-kota seperti Chengdu dan Chongqing di China barat daya, adalah tujuan utama investasi asing.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023