Saya berpesan agar Hari Pancasila tidak hanya dilihat sebagai simbol, tetapi juga dapat diartikan sebagai cerminan akan keberagaman Indonesia, jadi juga bisa menerapkannya
Depok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 menjadi momentum untuk bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Saya mengajak masyarakat untuk menanamkan nilai Pancasila mulai bergotong royong di lingkungan dengan melakukan kerja bakti," kata Imam Budi Hartono di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Imam juga mengajak bersama-sama membangun Kota Depok mulai dari lingkungan. Sama sama bergotong royong untuk bisa mensejahterakan warga.

"Pancasila menjadi energi bagi bangsa Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan dunia," kata Wakil Wali Kota Depok itu.

Hari kelahiran Pancasila, lanjut dia, sepatutnya dijadikan momentum untuk memperlihatkan bahwa lima sila Pancasila masih relevan bagi kehidupan berbangsa dan bertanah air Indonesia saat ini.

Baca juga: Menag: Pancasila merupakan bukti majunya peradaban Indonesia

"Pancasila sebagai ideologi yang merangkul keberagaman kita," tutur Imam.

Pancasila sebagai warisan dari para pendiri bangsa, kata dia, harus ditanamkan kepada generasi muda pada era globalisasi ini sehingga bisa dipahami tentang nilai dasar lambang negara Indonesia.

"Pentingnya memberikan nilai dasar Pancasila sebagai warisan dari para pendiri bangsa. Jadi penting harus kita terus lakukan. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga ada kegiatan ke arah sana agar bagi generasi muda memahami betul terhadap Pancasila," ujarnya.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang mungkin tidak paham dengan Pancasila dan hanya tahu sebagai simbol.

"Saya berpesan agar Hari Pancasila tidak hanya dilihat sebagai simbol, tetapi juga dapat diartikan sebagai cerminan akan keberagaman Indonesia, jadi juga bisa menerapkannya," ujar Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Baca juga: Presiden pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Baca juga: Wapres ikuti upacara Hari Lahir Pancasila dengan busana adat Melayu

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023