... ada lagi syarat-syarat lain yang harus mereka penuhi... "
Jakarta (ANTARA News) - Minat wanita-wanita muda menjadi anggota TNI AU masih besar. 79 calong anggota Korps Wanita TNI AU (WARA) tingkat bintara tengah menjalani rangkaian seleksi, di antaranya tes kesemaptaan jasmani di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Kepala Seksi Pembinaan Jasmani pangkalan udara TNI AU itu, Letnan Kolonel Kesehatan Bagus Kuncoro, menyatakan, mereka mendaftar untuk musim penerimaan wanita bintara karir pada 2013 ini. "Melihat minat dan jumlah yang mendaftar, cukup membanggakan."

Walau rangkaian seleksi dan tesnya di Jakarta, katanya, calon-calon kader TNI AU itu berasal dari berbagai wilayah. "Bahkan ada yang datang dari daerah Tangerang, Banten, Bogor, dan Karawang. Hari ini mereka diuji kesemaptaan jasmaninya di sini," kata Broto.

Berbagai persyaratan diterapkan bagi mereka, terbagi dalam syarat administratif, batas usia, standar nilai pendidikan SLTA, mental-ideologi, psikologi, kesehatan, standar fisik, dan lain-lain termasuk bebas dari catatan kriminalitas dan bukan pemakai narkoba.

"Kali ini, calon-calon WARA itu memiliki standar fisik yang bagus, di atas standar minimal. Rata-rata tinggi badannya di atas 160 cm. Tentu ada lagi syarat-syarat lain yang harus mereka penuhi," katanya.

Jika lulus pada tahap seleksi, mereka akan menempuh pendidikan dasar pembentukan bintara WARA di Pangkalan Udara Utama TNI AU Adi Sumarmo, Solo, selama beberapa bulan. Di sana mereka akan digodok dan dibentuk menjadi bintara TNI AU, sebelum dilantik dan ditempatkan sesuai keperluan TNI AU. (*)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013