Hampir semuanya anak muda.
Jakarta (ANTARA) - Jakarta E-Prix 2023 mengkampanyekan peran wanita dalam industri olahraga motor (motorsport) khususnya pada agenda sebelum Formula E berupa "Girls on Track: Career Talk" di Universitas Trisaksi, Jakarta.

"Dalam kejuaraan dunia Formula E Jakarta E-Prix 2023, kami tidak hanya menyajikan balapan mobil Formula E saja. Lebih dari itu, ajang ini juga menghadirkan sebuah program unggulan "FIA Girls on Track #"," kata Deputy 3 Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix 2023, Sigit Sanjaya di Jakarta, di sela agenda itu, Kamis.

Ia menjelaskan, tujuan agenda itu antara lain adalah bertujuan mendorong peran perempuan dalam industri itu. 

Ia mengatakan, kampanye tersebut dilakukan dengan mengemban misi kesetaraan gender serta memberikan kesempatan kepada anak-anak perempuan untuk terlibat langsung dalam kegiatan otomotif serta informasi-informasi mengenai pekerjaan khususnya dalam perhelatan Formula E Jakarta E-Prix 2023.

Ia memberikan contoh, keterlibatan di sini seperti dalam menjaga kebersihan (cleaning), pengelolaan limbah (waste management) dan item kerja lain terkait lingkungan, serta program-program lain dari Jakarta E-Prix 2023.

Baca juga: AGI Jakarta International E-prix Circuit dukung Formula E 2023 FIA Girls on Track, lanjut dia, akan diselenggarakan tepat sehari sebelum balapan dimulai, yaitu Jumat, 2 Juni 2023.

Kegiatan ini bertempat di Bunderan Bende, Jalan Kawasan Ancol, Wisata Ancol, Jakarta Utara mulai pukul 09.30-16.30 WIB.

Ia melanjutkan, dalam perhelatan Jakarta E-Prix ini, pihaknya menyediakan sekitar 500 kuota bagi sukarelawan dan sekitar 30 persen dari kuota tersebut diisi oleh perempuan.

Selain itu, ada sekitar lima persen dari kuota tersebut diisi oleh kaum disabilitas.

"Hampir semuanya anak muda. Pada Jakarta E-Prix kali ini kami memang mengedepankan peran anak muda," kata Sigit.

Baca juga: Menpora apresiasi konsep yang diusung Formula E Jakarta

Lebih dari itu, lanjut dia, kampanye besarnya adalah penggunaan kendaraan ramah lingkungan dalam trek balap.

"Dalam kejuaraan nanti, ada 22 orang pembalap (11 tim) dan semua mereka menggunakan mobil listrik ramah lingkungan," jelas dia.

Melalui Formula E Jakarta E-Prix 2023 ini, pihaknya ingin menanamkan semangat kecintaan terhadap keberlangsungan lingkungan hidup khususnya kepada anak muda.

"Anak muda, balapan dan ramah lingkungan. Itu yang menjadi jiwa dalam perhelatan Formula E Jakarta E-Prix 2023," katanya. 

Baca juga: Alberto Longo tinjau Sirkuit Formula E di Ancol

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023