Namun, cari makan agak susah
Jakarta (ANTARA) - Belasan ribu pengunjung memadati objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, saat libur Hari Lahir Pancasila, Kamis.

Para pengunjung berbondong-bondong datang bersama keluarganya untuk menghabiskan waktu dengan menikmati berbagai wahana edukasi di TMII.

Mereka tampak menikmati wahana edukasi pada berbagai anjungan yang disediakan masing-masing pemerintah daerah, hingga melihat koleksi satwa di taman burung dan reptil.

Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang mengatakan untuk menghadapi libur panjang sejak 1 hingga 4 Juni 2023 pihaknya sudah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk hiburan pengunjung.

Baca juga: Budaya Papua gencar dikenalkan pada pengunjung di Taman Mini Indonesia

"Pertama kita berkolaborasi dengan Indonesia Expo, banyak wahana untuk ibu-ibu belanja. Banyak barang-barang lucu-lucu," kata Claudia di TMII.

Kemudian berbagai hiburan kesenian dari masing-masing daerah yang dapat menjadi sarana belajar bagi anak-anak untuk mengenal keragaman budaya Indonesia.

Para pengunjung juga dapat sekedar duduk santai menikmati ruang terbuka hijau, sesuai konsep baru diusung TMII setelah revitalisasi dengan mengusung 70 persen ruang terbuka hijau.

"Anjungan-anjungan menarik untuk didatangi di 'weekend' ini. Beberapa anjungan sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi 'long weekend' seperti Kalimantan Barat," ujar Claudia.

Baca juga: Pemkab Magetan promosikan potensi daerah melalui pameran di TMII

Sementara itu, Humas TMII Novera Mayang Sari menambahkan, jumlah pengunjung pada liburan hari ini mencapai 14 ribu orang.

"Berdasarkan data yang masuk per pukul 16.00 WIB, jumlah pengunjung TMII mencapai 14 ribu orang. Mayoritas pengunjung datang bersama keluarga," ucapnya.

Salah satu pengunjung asal Anyer, Banten, Iman mengaku kedatangannya ke TMII ini untuk mencari suasana baru.

"Dulu saya pernah ke TMII pada 2015. Banyak sekali perubahan. Sekarang lebih bersih dan rapi. Namun, cari makan agak susah," ujarnya.

Baca juga: Wapres tinjau kunjungan wisatawan TMII pascarevitalisasi

Iman yang datang bersama keluarga dan rombongan sekolah anaknya itu berkunjung ke sejumlah museum, seperti Museum Iptek.

"Kami juga tadi berkunjung ke Taman Legenda," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023