terutama dari Jakarta dan Bandung
Indramayu (ANTARA News) - Sejumlah petambak di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengaku mendapat pesanan ikan bandeng yang meningkat menjelang perayaan hari raya Imlek.

"Pesanan ikan bandeng untuk sajian Imlek mulai meningkat, terutama dari Jakarta dan Bandung," kata Parjo salah seorang petambak di Indramayu, Selasa.

Ia menambahkan, perayaan Imlek membawa berkah bagi sejumlah petambak karena mendongkrak pesanan bandeng dengan harga jual yang tinggi.

Dia mengatakan memenuhi pesanan ikan bandeng imlek keuntungannya menjanjikan dibandingan untuk kebutuhan pasar tradisional. Namun katanya butuh waktu memelihara ikan bandeng tersebut, karena ukurannya harus di atas satu kilogram.

Memelihara ikan bandeng ukuran di atas satu kilogram, menurut Parjo, petambak harus berpengalaman karena sering terancam gagal panen seperti rob, kolam tambak terendam banjir.

Sementara itu Yanto petambak lain mengaku, jelang perayaan Imlek pesanan ikan bandeng ukuran di atas satu kilogram mulai berdatangan.

"Pesanan cukup tinggi biasanya dikirim ke pasar Jakarta dan Bandung, meski untuk Indramayu dan Majalengka tetap menggairahkan," katanya.

Go Hen Sen salah seorang keturunan Tionghoa di Kota Cirebon kepada wartawan di Cirebon, mengatakan, sajian ikan bandeng merupakan menu utama dalam perayaan tahun baru China karena dipercaya ikan tersebut membawa berkah.
(KR-EJS)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013