Jakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mencatat sekitar 99 ribu tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei-4 Juni 2023 atau pada momen libur panjang akhir pekan.

"Libur nasional pada 1 Juni 2023 yang diikuti dengan cuti bersama di momen akhir pekan, volume penumpang KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan. Sekitar 99 ribu tiket dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei-4 Juni 2023," ucap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ia mengungkapkan berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada Kamis ini, di mana total terdapat sekitar 32 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Dari jumlah tersebut 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir," kata Eva.

Adapun, kata dia, jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa.

Eva kembali mengimbau bagi seluruh pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya mengingat mulai Kamis ini, Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

"Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik. Penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," ujar Eva.

Lebih lanjut, Eva menjelaskan sejumlah jadwal KAJJ baik itu keberangkatan maupun kedatangan juga akan mengalami perubahan mulai Kamis. Untuk itu, KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau kepada seluruh pelanggan KA yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan pada Kamis dan setelahnya agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya sehingga tidak tertinggal ataupun salah naik KA.

"Sebagai contoh KA Gumarang relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023 nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB," kata dia.

Oleh karena itu, kata Eva, para pelanggan yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memperhatikan pengumuman-pengumuman yang disampaikan oleh petugas stasiun.

"Seluruh calon pengguna KAJJ juga diimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah risiko salah satunya terlambat boarding atau tertinggal KA," ujanya.

Ia menuturkan pemberlakuan Gapeka baru juga memberikan sejumlah manfaat yang langsung dapat dirasakan pelanggan seperti efisiensi waktu perjalanan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KAJJ sebesar total 2.512 menit per hari. Rinciannya, efisiensi 880 menit pada KA argo, 585 menit pada KA eksekutif, 648 pada KA eksekutif campuran, dan 399 menit pada KA ekonomi.

Salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan ialah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit. Lalu, ada juga KA Fajar Utama Solo relasi Pasar Senen-Solo Balapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit, dari sebelumnya 8 jam 30 menit menjadi 7 jam 40 menit.

Baca juga: Penumpang KA di Daop Madiun naik saat libur panjang akhir pekan
Baca juga: Okupansi kereta di KAI Daop 9 Jember meningkat menjelang libur panjang
Baca juga: KAI: Jumlah penumpang kereta jarak jauh meningkat jelang libur panjang

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023