Yogyakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menikmati bakmi jawa di Warung Bakmi Pak Pele yang berlokasi di pojok Alun-Alun Utara, Kota Yogyakarta pada Kamis malam.

Presiden Jokowi yang mengenakan kaus berwarna cokelat tiba di warung tenda itu sekitar pukul 20.00 WIB bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep beserta menantu Erina Gudono.

Selain bakmi godog (rebus), Presiden Jokowi juga memesan bakmi goreng, dan nasi goreng.

Pantauan ANTARA, para pelanggan rela antre menunggu sampai orang nomor satu di Indonesia itu selesai menyantap hidangan kuliner tersebut.

Mereka lantas berdesakan meminta foto saat Presiden Joko Widodo hendak beranjak meninggalkan warung itu.

Kepada awak media, Pele, pemilik Warung Bakmi Pak Pele mengaku mendapat pemberitahuan mendadak pada Kamis (1/6) sekitar pukul 19.00 WIB.

Mendapat informasi itu, Pele bergegas menyiapkan tiga menu pesanan Presiden yakni bakmi rebus, bakmi goreng, dan nasi goreng.

"Tapi mintanya sedikit-sedikit supaya bisa merasakan semua," ujar dia.

Sesuai permintaan pihak Kepresidenan, ia juga mengosongkan tiga meja, meski saat itu suasana warung itu dalam kondisi penuh pelanggan.

"(Pelanggan) pada setuju semua, mereka senang sekali, tapi dengan catatan nanti minta salaman, dan foto bersama," ujar pria yang berjualan bakmi jawa sejak 1983 itu.

Menurut dia, Presiden beserta rombongan menghabiskan tidak kurang sebanyak 100 porsi.

"Tadi saya bingung, saya cuma kira-kira. Saya suruh bayar Rp3 juta, totalnya. Tapi kan banyak sekali, minta duluan semua, nah itu yang (membuat) mahal harganya," ucap Pele.

Selain di kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta, Pele juga membuka dua cabang warung itu di Godean, Sleman dan Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Meskipun kedatangan orang nomor satu di Indonesia, Pele mengaku tidak grogi karena sudah terbiasa mendapat kunjungan sejumlah pejabat di Tanah Air.

"Ndak grogi, biasa. Dulu Megawati, saya juga sudah pernah," ucap dia.

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023