Jakarta (ANTARA) - Petenis ganda putri Indonesia Aldila Sutjiadi yang berpasangan dengan Miyu Kato asal Jepang memastikan diri melaju ke babak kedua Grand Slam French Open 2023.

Bertanding di lapangan 4 Roland Garros Stadium, Paris, Prancis, Kamis, Aldila/Kato menghadapi Jule Niemer (Jerman)/Caroline Dolehide (AS) dengan tampil dominan.

Berdasarkan hasil pertandingan dari catatan WTA, unggulan ke-16 itu menang mudah dengan skor akhir 6-2, 6-0.

Kemenangan ini menjadi modal bagi Aldila/Kato dalam mengarungi French Open. Tahun lalu, keduanya juga berpasangan dalam turnamen lapangan tanah liat paling bergengsi di dunia itu. Sayangnya, langkah mereka harus terhenti pada babak kedua.

Selanjutnya, Aldila/Kato akan berhadapan dengan Linda Noskova (Ceko)/Irina Khromacheva (Rusia), yang melaju ke babak kedua usai menang 6-4, 6-4 atas duo Rusia Yana Sizikova/Alexandra Panova.

Adapun sepanjang musim ini, Aldila/Kato berhasil meraih gelar WTA 250 bertajuk ASB Classic di Auckland, Selandia Baru, pada Januari.

Aldila/Kato juga tampil di Australian Open dan untuk pertama kalinya masuk dalam jajaran unggulan, yakni ke-16. Namun, langkah keduanya di Grand Slam pembuka musim tersebut terhenti di tangan unggulan kedua ganda Amerika Coco Gauff/Jessica Pegula pada babak ketiga atau 16 besar.

Baca juga: Tsitsipas sebut kekuatan mental dan fisik kunci menang di French Open

Aldila kemudian berhasil menjuarai ganda ATX Open di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada awal Maret. Namun, gelar tersebut dia raih bersama petenis Selandia Baru Erin Routliffe.

Aldila/Kato kembali berduet di BNP Paribas Open di Indian Wells, AS. Keduanya membuat kejutan di babak kedua dengan mengalahkan andalan tuan rumah Coco Gauff/Jessica Pegula.

Di Indian Wells, Aldila/Kato harus terhenti di babak semifinal. Keduanya melanjutkan tur ke Miami Open namun kandas di babak pembuka.

Sebelum melangkahkan kaki ke French Open, Aldila/Kato menjalani turnamen pemanasan lapangan tanah liat di Madrid Open dan Maroko Open, di mana keduanya harus terhenti di semifinal.

Aldila juga sempat membela Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja dengan berhasil mempersembahkan dua emas, yakni pada nomor beregu putri dan ganda campuran bersama Christopher Rungkat, dan perak pada nomor ganda putri bersama Jessy Rompies.

Baca juga: Medvedev mengaku senang meski harus pulang lebih awal di French Open
Baca juga: Alcaraz libas petenis kualifikasi di babak pertama French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023