Jakarta (ANTARA) -
Dua pegolf Thailand, yakni Parin Sarasmut dan Suvichaya Vinijchaitam, menguasai turnamen Mandiri Ciputra Golfpreneuer Junior World Championship, dengan menjadi pengumpul poin terbaik pada gelaran yang berakhir pada Kamis, di Damai Indah Golf PIK Course, Jakarta.
 
Parin menjadi juara Boys Overall dengan skor total 12 under 204, sedangkan Suvichaya memenangi gelar Girls Overall dengan skor total 7 under 209.
 
Sementara itu, Teuku Hussein M.Danindra dan Elaine Widjaja menjadi dua wakil tuan rumah terbaik. Hussein pada hari ini hanya mampu mencatatkan skor 74 untuk membuatnya berbagi posisi keempat di klasemen dengan pegolf Jepang Yuzuki Shirano, yang juga mengukir skor total 3 under 213.
 
Sedangkan Elaine menyelesaikan kejuaraan ini juga dengan catatan serupa, yakni 3 under 213, atau empat stroke di bawah Suvichaya.
 
Pada putaran final, terjadi drama pada kategori putra setelah Parin, yang mengawali putaran final dengan keunggulan lima stroke justru mendapat bogey pada hole pertamanya. Ia kemudian mampu bangkit melalui dua birdie pada hole 6 dan 7, namun melakukan double bogey di hole 8 yang memberi kesempatan mengejar bagi rekan senegaranya Kittada Kosalutta.

Baca juga: Parin lanjutkan dominasi di pucuk klasemen Junior World Championship
 
Kittada berhasil mencatatkan tiga birdie dengan satu bogey di sembilan hole pertamanya, untuk membuat ia dapat memangkas selisih jarak dengan Parin. Ia kemudian meraih tiga birdie dari hole 14, 15, dan 16. Namun pada hole terakhir Kittada justru membuat bogey, sehingga gagal memaksakan partai playoff.
 
"Kittada memang memberi tekanan kepada saya, tapi saya pikir hal yang sama juga terjadi kepadanya. Di hole terakhir itu pukulan 3-wood miliknya justru masuk ke air, sehingga membuat saya bisa lebih tenang," kata Parin seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.
 
Pada kelompok putri, Suvichaya tampil gemilang pada putaran final. Setelah sempat mendapat bogey pada hole 4 setelah berhasil mencatatkan birdie pada hole 2 dan 3, ia menutup sembilan hole pertamanya dengan 5 under.

Baca juga: Parin Sarasmut puncaki klasemen Junior World Championship 2023
Baca juga: Bank Mandiri dan Ciputra bekerja sama gelar kompetisi golf junior
 
Suvichaya kemudian mengukir birdie pada hole 10 dan 11 untuk membuatnya memperbesar jarak dari Elaine, dan double bogey di hole terakhir tidak mempengaruhi keberhasilannya membawa pulang gelar keduanya di Indonesia.
 
Keberhasilan Parin mencatatkan skor terendah sekaligus membuat timThailand 1 menjadi juara kompetisi beregu. Duetnya dengan Siredech Chanha menghasilkan skor 425, lima stroke lebih baik dari tim Jepang yang diperkuat Yuzuki Shirano dan Hiroki Ishiguchi. Sedangkan tempat ketiga dihuni oleh tim Singapura 1 yang diperkuat Irvyn Tan dan Bruce Kwong.
 
Pada kompetisi beregu putri, Suvichaya dan Jirnan Lim berhasil mengoleksi skor total 431, yang membuat mereka unggul tiga stroke atas tim Jepang yang diperkuat Ryou Manaka dan Yuka Nishina (434). Tempat ketiga kelompok putri ditempati oleh tim Singapura 1 yang dihuni oleh Valencia Chang dan Chen Xing Tong (439).

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023