Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Kamis (1/6) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari tokoh politik peringati Hari Lahir Pancasila hingga Kemendagri gelar Indonesia Maju Expo.
 
 
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
 
 
1. Ganjar serukan persatuan pada Peringatan Hari Lahir Pancasila
 
 
 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerukan semangat persatuan saat upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang berlangsung di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, tepatnya di Alun-Alun Pancasila Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis.
 
 
 
Dengan mengenakan beskap berwarna merah, Ganjar memimpin jalannya upacara Hari Lahir Pancasila dan menegaskan pentingnya menjaga persatuan antar-anak bangsa.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
2. Kemendagri gelar Indonesia Maju Expo promosikan produk unggulan daerah
 
 
 
Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum 2023 pada 1–4 Juni 2023 di Taman Mini Indonesia Indah untuk mempromosikan produk-produk unggulan daerah.
 
 
 
"Kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum 2023 dalam rangka mempromosikan potensi dan produk-produk unggulan daerah dengan mengusung Tema Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia Berkelanjutan," ujar Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Aang Witarsa Rofik dalam Pembukaan Indonesia Maju Expo and Forum 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
3. Ketua DPR ingatkan pentingnya aktualisasi Pancasila pada generasi muda
 
 
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pentingnya pengaktualisasian Pancasila kepada generasi muda melalui sarana yang sesuai dengan perkembangan zaman guna menjaga keberlanjutan dan relevansi nilai-nilai luhur Pancasila dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman.
 
 
 
"Selain itu, penerapan nilai-nilai Pancasila penting dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari individu, keluarga, masyarakat, hingga bangsa secara keseluruhan," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
4. Survei Y-Publica tunjukkan 80,3 persen puas kinerja Jokowi
 
 
 
Hasil survei Y-Publica menunjukkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sangat tinggi, yakni menembus 80,3 persen.
 
 
 
“Sebanyak 80,3 persen publik merasa puas terhadap pemerintahan Jokowi, mencerminkan arus besar keinginan masyarakat luas akan keberlanjutan program-program Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
5. Ganjar hormati keputusan parpol terkait cawapres pada Pemilu 2024
 
 
 
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan akan menghormati keputusan partai politik (parpol) terkait pembahasan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
 
 
"Intinya, proses ini sedang berlangsung. Kami menghormati partai-partai yang sekarang sudah mengusung dan insyaallah dalam beberapa waktu pendek ini akan ada partai lagi yang bergabung," ujar Ganjar dalam konferensi pers di Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan Ganjar Presiden 2024, Jakarta Pusat, Kamis.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023