Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aston Martin Fernando Alonso mengatakan siap merebut peluang naik podium teratas di Grand Prix Spanyol, menantang dominasi Red Bull musim ini.

Menurut Alonso, evaluasi dan pembaruan dari tim untuk mobil balapnya menjadi amunisi baginya untuk menantang lawan-lawannya, belum lagi dukungan para penggemar di kampung halamannya yang menjadi energi spesial di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Meski demikian, Alonso yang belum pernah finis di bawah posisi keempat pada musim ini, mengatakan dirinya tetap realistis, mengingat Red Bull belum terkalahkan dalam enam balapan yang telah digelar di awal musim, empat di antaranya dengan finis 1-2.

"Red Bull sangat dominan sepanjang musim dan saya tidak melihat alasan mengapa, di Barcelona, mereka tidak mengincar posisi satu-dua. Tapi mari kita lihat apa yang bisa kita lakukan," kata Alonso, dikutip laman resmi F1.

Baca juga: Statistik Grand Prix F1 Spanyol

Lebih lanjut, pebalap berusia 41 tahun itu mengatakan dirinya terkesan dengan kemampuan juara bertahan Max Verstappen yang mampu memberikan tekanan dari balapan ke balapan.

Walaupun demikian, Alonso mengaku terus memberikan semangat pada tim Aston Martin agar optimisme terus terjaga dari trek ke trek. Hal itu terbukti pada GP Monako, beberapa waktu lalu, dimana ia menggambarkan impresi berkendaranya "lebih baik dan lebih cepat" dibandingkan beberapa balapan terakhir.

Alonso menilai, pembaruan demi pembaruan yang telah disematkan oleh tim membuatnya tetap tajam saat bertarung di grid depan.

"Memasuki balapan (apa pun), saya berjuang untuk posisi apa pun dengan mentalitas mendapatkan hasil maksimal dari mobil. Terkadang P7, terkadang kemungkinan podium. Saya tahu bahwa saya berada di Formula 1 sudah beberapa tahun, sejak era Ferrari, tapi saya pergi ke setiap balapan untuk memenangkan balapan dan kejuaraan dunia, jadi itu belum lama ini," imbuhnya.

Ia melanjutkan, tidak ingin melewatkan persiapan matang mengingat Mercedes dan Ferrari juga bersiap membawa pembaruan dan kejutan di Spanyol nanti.

Sementara itu, GP Spanyol akan digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada akhir pekan ini.

Baca juga: Verstappen rebut kemenangan dramatis di GP Monako

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023