Yang enam kita yakin akan bisa selesai pada akhir 2014,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengemukakan optimistis enam dari sembilan jalan tol trans Jawa akan selesai pada akhir 2014.

"Yang enam kita yakin akan bisa selesai pada akhir 2014," katanya seusai rapat tentang jalan tol di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa.

Enam ruas tol yang diperkirakan selesai pada 2014 tersebut di antaranya ruas Cikampek - Palimanan, Semarang - Solo, Solo - Ngawi, Ngawi - Kertosono, Mojokerto - Surabaya.

Menurut dia, pekerjaan dari proyek enam jalan tol tersebut cukup lancar baik dari segi pembebasan lahan, meskipun ada hambatan maupun dari sisi pembiayaan investor.

Sementara itu, menurut dia, dalam rapat jalan tol, Wakil Presiden meminta untuk mempercepat dan mengawal proyek-proyek jalan trans Jawa.

Wapres juga meminta agar pembebasan lahan dapat dipercepat dan perlu inisiatif agar sasaran untuk pembangunan tol dapat diselesaikan tepat waktu.

Pembangunan jalan tol tersebut diperlukan guna mendukung pembangunan ekonomi.

Sementara itu, sembilan jalan tol trans Jawa merupakan salah satu proyek dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Sembilan jalan tol tersebut, Cikampek - Palimanan sepanjang 112 km, Pejagan - Pemalang sepanjang 57,5 km, Pemalang - Batang sepanjang 39 km, Batang - Semarang 75 km, Semarang - Solo sepanjang 75 km.

Solo - Mantingan - Ngawi sepanjang 90,1 km, Ngawi - Kertosono sepanjang 87 km, Kertosono - Mojokerto sepanjang 40,5 km dan Surabaya - Mojokerto sepanjang 36,27 km.
(M041/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013