Semua akses masuk bagi pemegang tiket Formula E dipusatkan di pintu Gerbang Timur Ancol dan hanya digunakan khusus untuk bus antar-jemput saja
Jakarta (ANTARA) - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mengimbau warga yang ingin menonton lomba balap motor listrik Formula E yang berlangsung pada 3-4 Juni di sirkuit Ancol, Jakarta Utara untuk memakai kendaraan umum.

Manajemen Ancol dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan  pemegang tiket Formula E tidak bisa memasuki gerbang Ancol menggunakan kendaraan pribadi tapi bisa menggunakan bus antar jemput (shuttle bus) yang telah disediakan.

Pemegang tiket Formula E Jakarta yang membawa kendaraan pribadi akan diarahkan panitia penyelenggara untuk memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan.

Tempat parkir yang disiapkan oleh panitia penyelenggara salah satunya di Lapangan Benyamin Suaeb Kemayoran, Jakarta Pusat memiliki kapasitas 1.500 kendaraan.

Dari Kemayoran, panitia penyelenggara mengangkut penonton Formula E menggunakan bus antar jemput secara gratis.

Selain itu ada pula kantong parkir yang berada di Jakarta International Stadium (JIS) dengan kapasitas 1.200 kendaraan dan juga kantong parkir cadangan di Hailai Ancol jika tempat parkir sentral Kemayoran dan kantong parkir JIS penuh.

Informasi titik parkir penonton Formula E bisa diakses melalui laman https://jakartaeprix.goersapp.com/.

Semua akses masuk bagi pemegang tiket Formula E dipusatkan di pintu Gerbang Timur Ancol dan hanya digunakan khusus untuk bus antar-jemput saja.

Jika memaksa masuk dengan kendaraan pribadi, maka pemegang tiket Formula E itu akan diarahkan ke akses pengunjung reguler Ancol di pintu Gerbang Barat (Hailai) dan juga Pintu Gerbang Selatan.

Di sana, pemegang tiket Formula E yang memaksa masuk menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tiket masuk kawasan Ancol sebagaimana pengunjung reguler, yakni Rp25.000 per orang dan juga tambahan 20.000 untuk pengguna sepeda motor dan Rp30.000 untuk pengguna mobil.

Penyesuaian itu diterapkan demi mendukung kelancaran arus keluar-masuk penonton balap mobil listrik internasional Formula E pada 3-4 Juni.

Ada banyak transportasi umum yang dapat menjadi pertimbangan bagi penonton Formula E untuk ke Ancol, di antaranya TransJakarta koridor V, KRL jurusan Kota-Tanjung Priok, angkutan umum ataupun juga dengan taksi dan ojek daring.

Di dalam kawasan Ancol, pengunjung bisa menggunakan Bus Wara Wiri dan Kereta Sato-Sato untuk berkeliling secara gratis, atau bisa juga menyewa motor listrik.

Taman Impian Jaya Ancol  tetap beroperasi seperti biasa mulai pukul 06.00 - 24.00 WIB.

Formula E di Ancol, Jakarta Utara akan menjadi format balapan dua hari (double-header) perdana di Indonesia dengan total putaran (lap) untuk Round 10 pada Sabtu sebanyak 36 lap dan untuk Round 11 pada Minggu sebanyak 38 lap.

Balapan Sabtu (3/6) dimulai dengan latihan bebas pada pukul 09.10 WIB dan dilanjutkan kualifikasi pukul 10.40 WIB. Sedangkan  Round 10 sendiri dimulai sekitar pukul 15.00 WIB.

Balapan Minggu dimulai dengan latihan bebas  pada pukul 08:10 WIB,  kualifikasi berikutnya pada pukul 10.40 WIB, dan Round 11 pada pukul 15.00 WIB.
Baca juga: Dishub DKI siapkan rekayasa lalin saat Formula E di Ancol 3-4 Juni
Baca juga: Jaguar TCS Racing bertekad raih hasil positif di Jakarta E-Prix 2023
Baca juga: Jakarta E-Prix 2023 kampanyekan wanita dalam industri "motorsport"

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023