Chengdu, (ANTARA/PRNewswire)- Summer World University Games (Pesta Olahraga Universitas Sedunia Musim Panas) Ke-31 segera berlangsung di Chengdu, Provinsi Sichuan, pada 28 Juli-8 Agustus mendatang. Acara ini akan menampilkan pesona "Kota Panda" ini, serta menjadi pesta olahraga bagi atlet dan tamu.

Sichuan, Tiongkok Barat Daya, merupakan kota asal panda raksasa. Sebagai ibu kota provinsi ini, Chengdu menjadi satu-satunya metropolitan berskala besar di dunia yang menjadi habitat panda yang berada di tempat penangkaran dan hidup di alam liar.

Terbentuk pada 1987, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding memiliki populasi panda terbanyak di tempat penangkaran. Pusat riset ini, dihuni lebih dari 230 panda raksasa, merancang tempat penangkaran yang menyerupai habitat asli hewan tersebut. Tempat penangkaran ini dilengkapi danau, sungai, hutan bambu, dan padang rumput sehingga pengunjung dapat mengamati panda dalam berbagai usia, mulai dari bayi hingga dewasa.

Di pusat riset ini, ada seekor panda raksasa bernama Zhima yang telah menarik perhatian luas di seluruh dunia karena identitas istimewanya—maskot Rongbao, Chengdu Universiade.

Seekor panda raksasa jantan yang gemar memanjat pohon, Zhima terpilih sebagai maskot Rongbao pada Agustus 2020 melalui proses pemilihan berskala global.

Sebagai habitat panda raksasa di alam liar, Giant Panda National Park yang berada dalam wilayah administrasi Chengdu dihuni 73 panda raksasa liar, menurut laporan survei panda raksasa nasional keempat.

Panda menjadi unsur penting dalam kebudayaan Chengdu sehingga menjadi salah satu simbol yang paling terkenal. Ketika Chengdu Universiade berlangsung, kota ini akan memanfaatkan panda sebagai media yang mencerminkan pesona budaya uniknya kepada dunia.

Chengdu juga memiliki situs warisan dunia, termasuk Gunung Qingcheng, Dujiangyan, dan habitat panda raksasa, tempat yang memiliki unsur humanisme, seperti Museum Situs Jinsha dan Kuil Wuhou, serta cagar budaya tak benda, seperti Opera Sichuan dan teknik sulam Shu.

Sebagai "kota gastronomi" versi UNESCO, Chengdu juga menjadi kota asal kuliner legendaris Sichuan, seperti ayam Kung Pao dan tofu Mapo, serta dikenal luas berkat hot pot yang pedas serta kudapan istimewa yang beraneka ragam.

Aktivitas yang menampilkan warisan budaya tak benda dan budaya tradisional Tiongkok akan digelar ketika Universiade berlangsung, menurut keterangan pejabat dari Komite Eksekutif  Chengdu 2021 FISU World University Games.

Sebanyak 15 pos pertukaran budaya juga akan didirikan, dan 10 rute wisata khusus turut dilansir. Dengan demikian, tamu global dapat mengapresiasi pesona unik Sichuan dan Chengdu.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023