Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penerbitan, percetakan, dan multimedia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan transformasi dengan merambah dunia perfilman dan akan merilis film misteri-horor berjudul "Kutukan Peti Mati" pada 20 Juli 2023 di bioskop Tanah Air.

"Balai Pustaka harus berpindah haluan. Bukan hanya menggeluti bidang penerbitan dan percetakan, tapi, juga multimedia dalam bentuk pembuatan film. Kebetulan, buku-buku intellectual property (IP) yang dimiliki Balai Pustaka banyak yang menarik untuk diangkat ceritanya dalam bentuk film," kata Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji melalui keterangan resmi, Jumat.

Diangkat dari novel "Sarcophagus Onrust" karya Astryd D' Savitri, film "Kutukan Peti Mati" berusaha menampilkan sisi sejarah dari Pulau Onrust yang dibalut dengan kisah misteri.

Baca juga: Erick fokuskan Balai Pustaka pada kekayaan intelektual milik Indonesia

"Kutukan Peti Mati" menceritakan tentang hantu cantik jelita bernama Maria Van De Velde beserta kisah misteri di zaman VOC yang melatarinya.

"Jadi, film 'Kutukan Peti Mati' ini berasal dari kisah misteri yang ada di Pulau Onrust serta cerita sejarah sejak kedatangan VOC di negeri ini. Tentunya, para pecinta film akan sangat tertarik dan penasaran untuk melihatnya," kata Achmad, yang juga merupakan eksekutif produser film tersebut.

Novel "Sarcophagus Onrust" menceritakan semual hal yang terjadi di pulau itu, termasuk misteri peti mati, yang akhirnya diangkat sebagai judul film.

Disutradarai oleh Irham Acho Bahtiar, film "Kutukan Peti Mati" dibintangi oleh Yoriko Angeline sebagai Susan, Aliff Alli sebagai Bram, Christina Danilla sebagai Maria Van de Velde, Eryck Amaral sebagai Jan Koenraad.

Ada juga pemain senior seperti Donny Damara sebagai Prof Daniel, Dewi Rezer sebagai Prof Tarina, Mathias Muchus sebagai Pak Ibrahim, Eksanti, Egy Fedly sebagai Hasan, Ray Sahetapy sebagai Dr Victor, dan Wina Marrino sebagai Ibunda Susan.

Selain "Kutukan Peti Mati", Balai Pustaka juga memproduksi film lain dari novel yang melegenda berjudul "Sitti Nurbaya". Film tersebut juga akan tayang di bioskop Indonesia.

Baca juga: Balai Pustaka kembali gelar lomba pantun tingkat nasional

Baca juga: Pos Indonesia dukung film "Kartu Pos Wini Beralamat Surga"

Baca juga: Telkom kirim 89 karyawan belajar ke universitas top 50 dunia

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023