menjadi motivasi pegawai PLN ULP Moa untuk turut mengambil andil menjaga lingkungan
Ambon (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Moa berpartisipasi dalam kegiatan sosial di bidang lingkungan membersihkan sampah di Pantai Syota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Aksi bersih pantai merupakan bagian dari Employee Volunteer Program (EVP) ini digelar di Pantai Syota, Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan melibatkan pegawai PLN ULP Moa, kata Manager PT PLN (Persero) ULP Moa, Don Freddy Efruan, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, aksi sosial ini merupakan salah satu rangkaian dari program sukarela perusahaan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata sekaligus edukasi terkait pentingnya menjaga lingkungan bagi masyarakat sekitar.

Pantai Syota merupakan salah satu destinasi wisata teranyar di Pulai Moa, pesona alamnya yang menakjubkan membuat pantai ini pernah meraih Anugerah Pesona Indonesia 2022, tetapi belakangan keindahan pantai ini dipenuhi sampah plastik.

“Hal ini yang menjadi motivasi pegawai PLN ULP Moa untuk turut mengambil andil menjaga lingkungan, terutama di destinasi wisata yang tentunya diharapkan dapat membangkitkan perekonomian daerah setempat,” katanya.

Baca juga: PLN UP3 Saumlaki gelar aksi bersih di pantai Weluan
Baca juga: Siswa SMA di Bima bersih-bersih sampah di Pantai Kalaki


Selama beberapa jam beraksi, peserta dengan tekun mengumpulkan sampah plastik yang tercecer di sepanjang Pantai Syota.

Tak hanya mengumpulkan sampah yang terlihat di permukaan, tetapi juga menyisir pantai untuk mencari sampah yang tersembunyi di antara pasir pantai seperti botol plastik, kantong plastik, sedotan, dan berbagai jenis sampah plastik lainnya menjadi fokus utama pembersihan.

“Kegiatan ini bukan hanya menjadi momen untuk membersihkan pantai, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Para peserta berbagi pengetahuan dan informasi tentang bahaya sampah plastik terhadap ekosistem laut, serta pentingnya pengurangan penggunaan plastik sekali pakai," Kata Don Fredy Efruan.

General Manajer PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula berharap, melalui EVP seluruh pegawai PT PLN (Persero) dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi lingkungan sekitar dan menjadi agen perubahan dalam menjaga kebersihan, serta kelestarian alam.

Kegiatan pembersihan pantai ini menjadi bukti nyata bahwa kepedulian dan tindakan nyata dapat memberikan perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Baca juga: Pemkot Makassar dan Lantamal VI bersih pantai jelang pelaksanaan MNEK
Baca juga: Jelang KTT ASEAN, Telkomsel bersih-bersih pantai di Labuan Bajo
Baca juga: Lampung gelar aksi bersih pantai peringati hari sampah nasional

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023