Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa negara-negara Eropa menguat pada awal perdagangan Jumat, dengan ekuitas penambang dan real estat memimpin karena investor merasa nyaman dengan disahkannya RUU plafon utang AS dan mengisyaratkan bahwa Federal Reserve dapat menghentikan siklus kenaikan suku bunga bulan ini.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,5 persen pada pukul 07.12 GMT, dengan sektor yang sensitif secara ekonomi seperti penambang, pengecer, dan minyak & gas meningkat paling tinggi.

Senat AS pada Kamis (1/6/2023) malam mengesahkan undang-undang bipartisan yang didukung oleh Presiden Joe Biden yang mengangkat plafon utang pemerintah sebesar 31,4 triliun dolar AS, mencegah apa yang akan menjadi gagal bayar pertama kali.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat fokus pada data inflasi

Indeks real estat Eropa juga menguat 1,9 persen karena imbal hasil obligasi pemerintah memperpanjang penurunan baru-baru ini di tengah tanda-tanda bahwa tekanan harga berkurang lebih cepat dari yang diharapkan di zona euro.

Saham pembuat pakaian olahraga Jerman Puma SE dan Adidas AG masing-masing melonjak 3,9 persen dan 3,2 persen, setelah pengecer AS Lululemon Athletica Inc menaikkan perkiraan penjualan dan laba tahunannya.

ProSiebenSat.1 naik 1,9 persen setelah grup investasi Ceko PPF menaikkan kepemilikannya di grup media Jerman itu menjadi 15,04 persen di saham dan instrumen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh tertekan data China yang suram

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023