Jakarta (ANTARA) -
 

Menjelang perayaan Hari Waisak yang ditunggu-tunggu, Candi Borobudur, sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), akan kembali mengundang publik hadir dalam perayaan meriah ini di bulan Juni mendatang.
 
Perayaan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut juga dimeriahkan dengan festival lampion, di mana pengunjung dapat melihat cahaya memesona dari ribuan lampion yang diterbangkan dan menerangi langit malam Candi Borobudur.
 
Festival yang sudah digelar selama bertahun-tahun ini, memiliki tempat spesial di hati masyarakat lokal maupun turis mancanegara, terutama dengan pengalaman budaya yang menakjubkan.

Untuk melengkapi pengalaman Hari Raya Waisak yang menyenangkan, berikut ini beberapa penginapan Airbnb yang cocok serta memberikan kenyamanan, kemudahan, dan kesempatan untuk merasakan kekayaan warisan budaya Indonesia.

Akomodasi Airbnb Instagrammable dan Dekat dengan Kuliner Lokal
 
Siapa yang tidak suka membagikan foto liburan di media sosial, terutama ketika menginap di kamar dengan desain menarik? Jika jawabannya iya, maka Anda perlu mempertimbangkan menginap di Roemah Diadjeng. Terletak dekat Istana Pakualaman, rumah ini memiliki gaya kolonial dan warna-warna cerah pada interior kamarnya.
 
Selain berada di lokasi strategis yang tidak jauh dari pusat kota, Roemah Diadjeng juga dekat dengan berbagai kuliner lokal legendaris. Airbnb ini juga menggabungkan seni kesederhanaan modern dan sentuhan unsur Jawa, memberikan para tamu pengalaman menginap dengan perpaduan dua nuansa sekaligus.
 
Lebih Dekat dengan Alam dan Penduduk Lokal
 
Jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, beberapa rumah dan bungalow di dekat Borobudur seringkali terletak di tengah hamparan sawah dan taman yang hijau, sehingga menciptakan suasana yang tenang.
 
Para tamu yang ingin menikmati ketenangan alam sekitar Borobudur dan kehangatan penduduk lokal dapat singgah di Maya's Place. Terletak hanya beberapa langkah dari Candi Borobudur, lingkungan yang tenang ini pasti menjadi pilihan yang tepat terutama bagi mereka yang suka membaca dan menulis.

Baca juga: Walubi pastikan ribuan umat Buddha hadiri dharmasanti Waisak Borobudur
 
Akomodasi Airbnb Rumah Jambon (ANTARA/H.O Airbnb)
 
Bawa Sedikit Suasana Bali ke Tengah-tengah Yogyakarta

Nikmati serunya perjalanan bersama teman dan keluarga tercinta dengan tenggelam dalam suasana yang memikat di A House, Yogyakarta. Airbnb ini menawarkan area luas untuk berkumpul, memasak makanan khas rumahan, atau sekadar bersantai.
 
Arsitektur bergaya modern minimalis dari A House, Yogyakarta memberikan perasaan tenang sepanjang liburan, seperti sedang berada di rumah sendiri di tengah hamparan sawah yang hijau.
 
Desain Arsitektur Kayu yang Unik
 
Ketika memikirkan Yogyakarta, arsitektur "Joglo" akan menjadi hal yang pertama terlintas dalam benak Anda. Warisan budaya Yogyakarta juga tercermin dalam arsitekturnya, dengan sebagian besar rumah menggunakan kayu-kayu tua yang dipadukan dengan ruang terbuka yang memberikan keleluasaan untuk menghirup udara segar.
 
Elemen-elemen alam yang menyatu dengan keunikan arsitektur lokal, menyediakan ruang bagi para wisatawan untuk menikmati suasana menenangkan di sekitar penginapan.
 
Rumah Jambon memiliki eksterior yang unik dengan atap yang menyerupai gelombang ombak, melingkari bagian teras dari rumah tua tersebut.
 
Sementara itu, Ndalem Nitihardjan menampilkan daya tarik yang timeless dari arsitektur tradisional Joglo, dengan tiga rumah yang berbeda yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan selama liburan. Pada bagian tengah halamannya, Anda bisa menemukan sebuah pendopo untuk bersantai sejenak sambil menghirup udara segar.

Baca juga: Kemenparekraf bagi info strategis tren industri pariwisata 2022-2023

Baca juga: Tiba di Candi Borobudur, Injourney sambut hangat Bhikku Thudong
​​​​​​​

Baca juga: Wajah ramah Indonesia kala menyambut biksu thudong


 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023