Jakarta (ANTARA) - Dua bidang ilmu di Binus University yaitu Computer Science & Information System serta Business Management Studies tercatat mengalami kenaikan peringkat dalam QS World University Rankings 2023.

"Hal ini merupakan buah dari kualitas penyelenggaraan pendidikan di Binus University yang sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan QS," kata Rektor Binus University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM dalam pernyataan di Jakarta, Jumat.

Ia mengharapkan pencapaian ini semakin menjadikan Binus University sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan yang kredibel dan berkualitas untuk masyarakat serta menciptakan individu yang berkontribusi terhadap pembangunan bangsa.

"Pengakuan ini menjadi bukti atas komitmen Binus University sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia untuk terus memberikan pendidikan yang berkualitas. Kemudian memberikan dampak melalui riset, inovasi, kolaborasi serta dampak kepada masyarakat," ujarnya. 

Baca juga: Binus University luncurkan program media partnership

Dalam daftar tersebut, bidang ilmu Computer Science & Information System naik ke peringkat 351-400 dari sebelumnya pada peringkat 401-450 dunia. Kemudian, masuk sebagai 3 besar dari 6 perguruan tinggi di Indonesia.

Lima indikator yang dijadikan penilaian yaitu reputasi akademik (academic reputation), reputasi yang diberikan dari penyerap lulusan (employer reputation), sitasi riset per makalah (research citations per paper), indeks pengukur produktivitas dan pengaruh akademik (H-index), dan jaringan penelitian internasional berdasarkan fakultas (International research network).

Sementara itu, bidang ilmu Business Management juga naik ke peringkat 451-500, dari sebelumnya di peringkat 501-550 dunia. Di Indonesia, Binus University berada pada posisi ke-5 dari 9 perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam pemeringkatan. Empat indikator yang menjadi penilaian adalah academic reputation, employer reputation, citations per paper, dan H-index.

Baca juga: Binus buka RPL Track MM Executive beri kesempatan belajar inklusif

Dalam dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi, ranking adalah sebuah acuan terhadap perguruan tinggi lain. Sebab, pemeringkatan ini menjadi poin penting dalam melihat bagaimana suatu sistem pendidikan sudah berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Salah satu pemeringkatan yang menjadi acuan adalah QS World University Rankings. QS Rankings sudah menjadi indikator yang valid untuk mengukur kualitas perguruan tinggi dan sudah mendapatkan pengakuan dunia sejak 2004.

Sistem tersebut dikerjakan oleh Quacquarelli Symonds, sebuah perusahaan khusus yang menganalisis institusi tinggi seluruh dunia setiap tahun.

Baca juga: Perguruan tinggi mulai rambah pendidikan di Metaverse
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023