Banda Aceh (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Aceh mengapresiasi Embarkasi Banda Aceh dalam melayani jamaah calon haji asal provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dian Rubianty di Banda Aceh, Jumat, mengatakan pelayanan jamaah calon haji tahun ini semakin meningkat serta ada perbaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, pelayanan semakin baik. Saran perbaikan Ombudsman RI tahun lalu juga dilaksanakan Embarkasi Banda Aceh. Kami mengapresiasi pelayanan terhadap jamaah calon haji tersebut," kata dia.

Kepala Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Aceh Ilyas Isti mengatakan pihaknya memberikan sejumlah saran untuk perbaikan pelayanan jamaah calon haji kepada pihak Embarkasi Banda Aceh.

Saran tersebut di antaranya penyediaan bus yang memiliki toilet, sehingga memudahkan calon haji yang sudah menjalani pemeriksaan imigrasi karena tidak harus berulang menjalani pemeriksaan saat di bandara.

Baca juga: Bandara Haluoleo upayakan kelancaran keberangkatan JCH Sultra

Selain itu, pelayanan terhadap calon haji lanjut usia dan  pelayanan keberangkatan di Bandara Sultan Iskandar Muda Blangbintang diberikan dengan baik

"Jamaah juga mendapatkan pelayanan yang baik saat di Bandara Sultan Iskandar Muda. Tidak ada jamaah yang memegang koper. Semua koper jamaah diantar petugas, baik di bagasi maupun kabin pesawat," kata dia.

Sebelumnya, tim Ombudsman RI mengawasi pelayanan terhadap jamaah calon haji asal Provinsi Aceh. Pengawasan dilakukan di dua titik, Asrama Haji Banda Aceh dan Bandara Sultan Iskandar Muda Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar.

"Dari hasil pengawasan pemantauan kami, pelayanan haji Embarkasi Banda Aceh sudah sangat baik. Di asrama haji, kami melihat tempat tidur layak, air bersih tersedia, dan lanjut usia ditempatkan di lantai dasar," kata Asisten Ombudsman RI Rezky Septianto.

Baca juga: Seorang calon haji lansia asal Cianjur meninggal di Madinah
Baca juga: Kemenag Tasikmalaya siapkan klaim asuransi jamaah calon haji meninggal

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023