Selain teknis, kami juga memberikan imbauan pada calon penumpang membeli tiket melalui aplikasi KAI Access guna menghindari penumpukan di stasiun
Cianjur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung, mencatat jumlah penumpang KA Siliwangi meningkat selama libur panjang Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diprediksi akan terjadi hingga Minggu (4/6).

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono saat dihubungi Jumat, mengatakan peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi sejak Rabu (31/5) di Stasiun Cianjur dengan tujuan berwisata ke wilayah Sukabumi dan Bandung Barat.

"Peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi di Stasiun Cianjur, sejak Rabu jumlah penumpang mengalami peningkatan yang biasa hanya 500 orang menjadi 1.200 orang dengan tujuan Stasiun Sukabumi, sedangkan Kamis naik menjadi 3.000 lebih penumpang," katanya.

Pihaknya memprediksi peningkatan angka penumpang KA Siliwangi akan terjadi hingga akhir pekan dengan tujuan wisata dari Cianjur ke Sukabumi atau sebaliknya dari Sukabumi ke Cianjur.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya sudah menyiapkan petugas tambahan diberbagai bagian di Stasiun Cianjur termasuk menambah jumlah pengamanan yang akan memberikan imbauan pada calon penumpang agar mematuhi aturan yang berlaku.

"Selain teknis, kami juga memberikan imbauan pada calon penumpang membeli tiket melalui aplikasi KAI Access guna menghindari penumpukan di stasiun," katanya.

Mehendro menambahkan, meski masih melayani pembelian tiket langsung di tempat, namun calon penumpang lebih baik membeli tiket secara online, selain memudahkan saat sampai di stasiun mereka tidak perlu mengantre.

"Hingga Jumat siang laporan dari Stasiun Cianjur, masih terjadi antrean calon penumpang yang didominasi tujuan Sukabumi, sebaliknya laporan kedatangan cukup berimbang di angka 2.000 penumpang," katanya.

Baca juga: Penumpang KA Siliwangi sepanjang libur Lebaran capai 25.401 orang

Baca juga: KAI Daop Bandung minta warga tidak beraktivitas di jalur kereta api

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023