Formula dan Forwala resmi dibentuk untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama. Organisasi ini di bawah naungan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Bekasi
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, membentuk wadah organisasi baru yakni Forum Pemuda Lintas Agama (Formula) dan Forum Wanita Lintas Agama (Forwala) guna menjaga kerukunan antarumat beragama di daerah itu.

"Formula dan Forwala resmi dibentuk untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama. Organisasi ini di bawah naungan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Bekasi," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi Asnawi di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan pembentukan forum ini bertujuan untuk mengoptimalkan harmonisasi masyarakat lintas agama dengan harapan mampu menjadi perekat hubungan sekaligus penjaga kerukunan.

Menurut dia, watak dasar masyarakat Kabupaten Bekasi sudah memiliki wawasan kebangsaan yang baik dan cenderung mempertahankan nilai silaturahmi. 

"Watak yang ketiga, mampu menjaga kearifan lokal, kemudian anti kekerasan. Terpenting lagi pemuda ini ikut membangun dan mempertahankan watak tersebut. Karena itu saya sangat mendukung pendirian forum pemuda lintas agama dan juga wanitanya," ucap Asnawi.

Baca juga: Kota Bekasi perkuat komitmen jaga kerukunan umat beragama

Wakil Ketua FKUB Kabupaten Bekasi KH Mubarok Nuri mengatakan Formula dan Forwala dibentuk dengan tujuan menciptakan situasi kondusif antarumat beragama.

"Harus menjaga kerukunan, tidak hanya menciptakan, tapi menjaga. Sedari dulu Kabupaten Bekasi sangat kondusif, meskipun ada persoalan sedikit, tetapi bisa langsung diselesaikan," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi Wawan Dirwanto mengatakan Kesbangpol merupakan mitra FKUB yang paling depan dalam menjaga kerukunan di masyarakat.

"Sejatinya ibarat pemadam kebakaran, ketika menemui kasus gesekan di Kabupaten Bekasi, FKUB dan Kesbangpol yang paling ada di garda terdepan," katanya.

Adapun Ketua Mandataris Formula dijabat Septadiansyah dan Ketua Forwala terpilih Sri Sugiharti. 

Baca juga: Kemendagri: Kampung Sawah Bekasi percontohan kerukunan beragama

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023