Solok (ANTARA) - Peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII tahun 2023 melakukan gotong royong pembersihan irigasi yang mengaliri sawah Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Bareh Solok di Kelurahan VI Suku Kota Solok, Sumatera Barat.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono di Solok, Jumat mengatakan kegiatan gotong royong ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang digelar Latsitardanus di Kota Solok, Sumatera Barat.

Latsitardanus merupakan kegiatan pengabdian masyarakat terintegrasi yang dilaksanakan berkala pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian, sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia.

Untuk kali ini juga melibatkan taruna IPDN, mahasiswa tingkat akhir BSSN dan mahasiswa tingkat akhir universitas yang ada di Sumatera Barat.

Menurutnya tujuan Latsitarnabus adalah memberi pembekalan kepada para taruna dan taruni serta mahasiswa sebagai kader di masa datang untuk siap turun ke masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Kota Solok yang dipercaya sebagai salah satu tuan rumah merasa terhormat untuk membimbing calon-calon pemimpin yang merupakan aset bangsa.

Baca juga: Latsitardanus XLIII terapkan sistem irigasi pintar di sawah Solok
Baca juga: Latsitardanus XLIII bersama Baznas Kota Solok bantu bedah rumah


Gotong royong melibatkan 46 peserta Latsitardanus dari berbagai taruna mahasiswa.

Gotong royong kali ini dikoordinir oleh Dinas Pertanian Kota Solok, dan kegiatan didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Zulkifli.

Di samping itu, Ketua P3A Bareh Solok, Zulhendra Datuk Rangkayo Sati mengaku senang dan terbantu dengan adanya Kegiatan Gotong Royong Latsitadanus ini. Pemuka masyarakat Kelurahan VI Suku ini mengerahkan anggotanya untuk membantu peserta latihan ini.

Gotong royong membersihkan saluran irigasi dari sedimen selain bertujuan untuk membantu petani juga memberi pengetahuan dan pemahaman tentang sistem pertanian kepada peserta.

Seperti diketahui, P3A Bareh Solok terletak di Kelurahan VI Suku mengelola sawah yang merupakan bagian dari hamparan Sawah Solok.

Hamparan Sawah Solok merupakan ikon Kota Solok yang memiliki slogan “Kota Beras Serambi Madinah." 

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri ingatkan sinergitas dalam Latsitardanus
Baca juga: Peserta Latsitardanus XLIII rehabilitasi puluhan RTLH di Sumbar

 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023