Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan pertemuan para menteri pertahanan dari negara-negara anggota ASEAN dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di Singapura, Jumat, sebagai wujud kemitraan strategis yang terbangun antara kedua belah pihak.

Oleh karena itu, Prabowo yang turut hadir dalam pertemuan itu berharap ASEAN dan Amerika Serikat dapat meningkatkan kerja sama, terutama setelah terbentuknya Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-AS pada 2022.

"Saya kira ini pertemuan yang baik dan hingga saat ini kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Amerika Serikat, dan kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang baik ini," kata Prabowo, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menhan temui Sultan Johor bahas isu-isu pertahanan

Dalam pertemuan yang berlangsung di sela kegiatan International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue ke-20 di Singapura, para menteri pertahanan ASEAN dan Menhan AS membahas perlunya kerja sama multilateral dalam memelihara stabilitas dan keamanan di kawasan, terutama yang dirumuskan dalam Perspektif ASEAN tentang Indo-Pasifik (AOIP) dan Strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat.

ASEAN dan Amerika Serikat pada November 2022 di Kamboja resmi meningkatkan kerja sama dari kemitraan strategis menjadi kemitraan strategis komprehensif yang diharapkan dapat menjadi solusi dari berbagai persoalan dan tantangan dunia, seperti stabilitas keamanan di kawasan, ancaman krisis iklim dan lingkungan, krisis kesehatan, dan ancaman krisis keuangan.

Baca juga: Menhan Prabowo bahas isu bilateral dan kawasan bersama PM Malaysia

Di Singapura, Menhan Prabowo menghadiri Shangri-La Dialogue, yang merupakan agenda rutin International Institute for Strategic Studies (IISS) sejak 2002.

Shangri-La Dialogue atau yang juga dikenal dengan Asian Regional Security Summit menjadi wadah bagi pejabat tinggi negara-negara untuk membahas berbagai persoalan bidang pertahanan di kawasan.

Untuk pertemuan tahun ini yang memasuki tahun ke-20, Shangri-La Dialogue di Singapura berlangsung pada 2–4 Juni 2023, dihadiri antara lain Menhan RI, para menteri pertahanan ASEAN, Menhan AS, Menteri Pertahanan China Wei Fenghe, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, dan Wakil PM Australia sekaligus Menteri Pertahanan Richard Marles.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023