Daripada indekos, lebih baik membeli rumah, selama 15 tahun saja sudah bisa memiliki rumah sendiri.
Kupang (ANTARA) - DPD Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan 125 unit rumah terjual dalam pelaksanaan BREILIAN Expo 2023 kerja sama antara BRI dan REI NTT.

“Dari 125 unit rumah itu, kami bisa peroleh keuntungan sebesar Rp25 miliar selama 10 hari ke depan,” kata Ketua DPD REI NTT Bobby Pitoby, di Kupang, Jumat, saat acara pembukaan BREILIAN Expo 2023 yang digelar di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kupang.

Bobby mengatakan bahwa saat ini di NTT kebutuhan akan rumah subsidi masih sangat tinggi, dibandingkan pembelian rumah komersial.

Hal itu karena harganya yang masih terjangkau, walaupun harga bahan bangunan mengalami peningkatan, namun harga rumah masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni Rp168 juta per unit.

"Tantangan kami untuk menghadirkan rumah layak huni di NTT masih sangat besar lagi, karena itu kami mengharapkan dukungan dari BRI dan juga developer untuk lebih bergairah untuk membangun daerah, kalau bukan kita siapa lagi," katanya pula.

Bobby menjelaskan persentase rumah subsidi di NTT tidak merata pembangunannya, dari 22 kabupaten kota di NTT, konsentrasinya masih di Kota Kupang sebesar 70 persen, dan hanya 30 persen saja yang tersebar di kabupaten lain.

Dia mengapresiasi BRI yang memberikan dukungannya dalam hal pemberian kredit bagi masyarakat yang ingin membeli rumah selama dua tahun terakhir dalam setiap kegiatan expo.

Regional Costumer Banking Head BRI Denpasar Kholis Syafroni mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk BRI untuk REI, untuk mensupport pembelian perumahan khususnya rumah subsidi.

"Diharapkan dengan adanya expo ini, masyarakat bisa terbantu untuk mendapatkan edukasi tentang perumahan dan bisa mendapatkan rumah, misalnya rumah subsidi dengan Rp168 juta, dengan suku bunga per tahunnya hanya 6 persen akan sangat membantu masyarakat," ujarnya lagi.

Dia juga memberikan saran kepada masyarakat untuk datang ke REI apabila ingin memiliki rumah dengan berbagai kemudahan.

"Daripada indekos, lebih baik membeli rumah, selama 15 tahun saja sudah bisa memiliki rumah sendiri," ujar dia.
Baca juga: REI NTT gandeng BRI gelar Expo rumah bersubsidi di Kupang
Baca juga: REI NTT sebut harga rumah subsidi naik 10 persen pada Agustus 2023

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023