Ini bukti bahwa JAE salah satu MRO terpercaya di Indonesia yang menjunjung tinggi standar internasional
Kota Solo, Jawa Tengah (ANTARA) - PT JAS Aero Engineering Services (JAE), perusahaan maintenance, repair, and overhaul (MRO) turut menangani pesawat penumpang terbesar di dunia Airbus A380-800 Emirates Airlines yang mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Adapun JAE dipercaya menjadi penyedia jasa line maintenance dan sertifikasi pesawat Airbus 380 tersebut.

President Director JAE Werry Orbani dalam keterangan yang diterima di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat menyampaikan rasa bangga atas kepercayaan Emirates kepada JAE sebagai MRO yang ditunjuk untuk menangani A380.

"Ini bukti bahwa JAE salah satu MRO terpercaya di Indonesia yang menjunjung tinggi standar internasional," ucap Werry.

Sebelumnya, pesawat A380 Emirates Airlines mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6).

Baca juga: AP I pastikan kesiapan Bandara Ngurah Rai sambut Airbus A380 Emirates

Baca juga: Emirates luncurkan layanan A380 pertama ke Bali mulai Juni


Lebih lanjut, JAE menyebut memiliki tim engineer dan mekanik pesawat terlatih yang menjalani serangkaian pelatihan dan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Emirates di Dubai.

JAE juga mendapatkan otorisasi dan persetujuan dari Otoritas Penerbangan Sipil Umum (GCAA) Uni Emirat Arab. Selain itu, JAE menjadi MRO pertama yang mensertifikasi B787 dan A380 masing-masing pada tahun 2013 dan 2016.

Sementara itu, Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates Orhan Abbas juga menyambut baik beroperasinya A380 di Indonesia.

"Kami sangat bahagia karena armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Pencapaian ini merupakan hasil kerja seluruh tim, mulai tahap perencanaan hingga eksekusi yang apik. Awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen kami pada pasar Indonesia serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai dan pemerintah setempat," ucap Orhan.

Emirates, kata dia, siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380.

"Sembari kami terus berupaya merespons tingginya permintaan destinasi internasional dengan pesawat super jumbo untuk satu dari dua penerbangan harian ke Pulau Bali," tuturnya.

Airbus A380-800 merupakan pesawat penumpang komersial terbesar yang beroperasi saat ini, baik dari sisi kapasitas maksimal penumpang maupun dimensi pesawat.

Baca juga: Layani pesawat jumbo A380, Bandara Bali tambah konter lapor diri

Rencananya, Emirates akan mengoperasikan dua tipe pesawat A380 di Indonesia, yakni tipe dua kelas (business dan economy) dan tipe tiga kelas (first class, business, dan economy).

Berdasarkan catatan, ukuran tersebut menjadikan Airbus A380 sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia hingga saat ini. Emirates merancang pesawat ini untuk mampu membawa beberapa kelas. Mulai dari empat class ultra long-range dengan konfigurasi 484 kursi, tiga class long-range 517 kursi, tiga class ultra long-range 489 kursi, dan dua class long-range 615 kursi.

Pesawat ini dilengkapi dengan empat mesin yang dihadirkan oleh Rolls-Royce, yakni Trent 900. Tetapi ada pula varian pesawat yang ditenagai oleh mesin Engine Alliance GP7200 asal pabrikan General Electric dan Pratt & Whitney. Masing-masing dari mesin ini mampu memberikan daya dorong sebesar 70.000 lb.

Berkat dorongan dari mesinnya, pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan 0,85 mach (sekitar 1.050 km/jam). A380 ini mampu menjelajahi udara hingga jarak maksimum sejauh 15.000 km dan mampu mengudara hingga ketinggian 43.100 kaki.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023