Pada hari ini hingga pukul 18.00 WIB commuter line di Wilayah 8 Surabaya sudah melayani 41.447 orang.
Blitar (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi jumlah penumpang kereta api komuter akan meningkat di Wilayah 8 Surabaya hingga akhir pekan ini dengan adanya masa libur panjang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengemukakan sejak dioperasionalkan pada Kamis (1/6), volume penumpang yang naik kereta api komuter cukup tinggi. Volume penumpang mengalami kenaikan hingga 11 persen atau bertambah 4.772 orang jika dibandingkan pada Rabu (31/5).

"Pada hari ini hingga pukul 18.00 WIB commuter line di Wilayah 8 Surabaya sudah melayani 41.447 orang," katanya dalam rilis yang diterima, Jumat.

Ia mengemukakan adanya kenaikan volume pengguna commuter line di Wilayah 8 Surabaya salah satunya karena libur panjang. Masyarakat memanfaatkan sarana transportasi kereta api untuk bepergian.

"Meningkatnya volume pengguna ini dipengaruhi oleh masyarakat yang ingin bertamasya dengan menggunakan moda transportasi kereta api atau commuter line," kata dia.

Pihaknya memprediksi volume pengguna commuter line di Wilayah 8 Surabaya akan terus meningkat hingga akhir pekan ini dikarenakan adanya masa libur panjang.

Sementara itu, untuk saat ini ia mengatakan situasi di Stasiun Blitar, masih terpantau ramai dengan pengguna yang transit.

Ia menyebut, budaya transit atau perpindahan pengguna ke kereta lanjutan ini merupakan budaya baru di Stasiun Blitar.

Volume pengguna transit yang dari Commuter Line Penataran dan melanjutkan ke Commuter Line Dhoho sebanyak 1.409 orang, dan sebaliknya volume pengguna transit yang dari Commuter Line Dhoho dan melanjutkan ke Commuter Line Penataran sebanyak 1.282 orang.

Untuk memudahkan mobilisasi masyarakat, setiap harinya KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya mengoperasikan 60 perjalanan commuter line. Jumlah perjalanan ini terdiri dari Commuter Line Penataran delapan perjalanan, Commuter Line Dhoho dengan 14 perjalanan, Commuter Line Tumapel dua perjalanan.

Ada juga Commuter Line Blorasura empat perjalanan, Commuter Line Arjonegoro 10 perjalanan, Commuter Line Jenggala enam perjalanan, Commuter Line Sindro delapan perjalanan dan Commuter Line Supas delapan perjalanan.

Pihaknya juga mengimbau dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) Tahun 2023 ini para pengguna commuter Llne di Wilayah 8 Surabaya dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku.

"Untuk kenyamanan bersama selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta. Informasi terbaru dapat disimak melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline dan Contact Center 021-121," kata Anne.
Baca juga: PT KAI aktifkan layanan kereta komuter di Blitar mulai 1 Juni 2023
Baca juga: KAI komuter layani ribuan penumpang khusus di Stasiun Blitar

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023