...menjadi peluang bagi daerah untuk mendorong produk-produk yang dihasilkan dapat go global.
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo turut serta dalam kegiatan Indonesia Maju Expo yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri J Botutihe, di Jakarta, Jumat.

Menurut Syukri, Indonesia Maju Expo sangat mendorong produk lokal go global, sehingga penting bagi Provinsi Gorontalo untuk menghadiri Indonesia Maju Expo dan Forum 2023, Bangga, Cinta dan Pakai Produk Indonesia.

"Pemerintah daerah sangat bangga dengan kegiatan yang diinisiasi Kemendagri ini, menjadi peluang bagi daerah untuk mendorong produk-produk yang dihasilkan dapat go global," kata Syukri.

Indonesia Maju Expo dan Forum 2023 yang dibuka oleh Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian RI Ferry Irawan tersebut, dalam rangka mempromosikan potensi dan produk-produk unggulan daerah dengan mengusung tema "Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia Berkelanjutan".

"Kami dari daerah sangat mendukung kegiatan ini, dalam rangka mendorong agar supaya produk-produk lokal kita, produk dalam negeri ini bisa lebih terdepan untuk dikelola. Di Provinsi Gorontalo sendiri, Pak Gubernur sudah melakukan ini bersama Dinas Kumperindag dan Dekranasda, untuk bagaimana kami akan mendorong produk-produk lokal di Gorontalo. Kami memberdayakan market place lokal dengan UMKM-UMKM lokal di dalamnya," kata Syukri.

Ia menambahkan, penggunaan produk dalam negeri ini sekaligus mendukung majunya para pelaku perajin dan UMKM yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Yang jelas kami Pemprov Gorontalo fokus pada pengembangan UMKM yang isinya adalah produk-produk unggulan Gorontalo. Tujuannya seperti yang kita inginkan bersama yaitu untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Gorontalo, juga mencapai produk lokal go global," katanya pula.
Baca juga: Kemendagri gelar Indonesia Maju Expo promosikan produk unggulan daerah
Baca juga: Kemendagri buka kegiatan Indonesia Maju Expo dukung UMKM

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023