Jakarta (ANTARA) - Musisi kawakan peraih Grammy kelahiran Missouri, Bob James, tampil membius para penikmat musik jazz dengan mengusung format trio piano-bass-drums lewat Bob James Trio pada gelaran The Jakarta International BNI Java Jazz Festival ke-18 di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Jumat.

Tampil di panggung Tehbotol Sosro Hall, Hall D1 yang menerapkan konsep bertempat duduk bagi penonton, Bob James Trio yang terdiri atas Bob James (piano-rhodes), Michael Palazollo (upright bass), dan James Adkins (drums), naik ke atas panggung pukul 19:30 WIB.

Membuka penampilan lewat sejumlah nomor seperti "Caravan", "Topside", dan "Shadow Dance", Bob James Trio mampu menghipnotis penonton dengan alunan nada-nada dinamis sekaligus permainan solo memukau nan memunculkan decak kagum.

"Terima kasih karena telah mengundang kami ke sini. Sebuah kehormatan bisa berada di panggung ini," kata Bob James yang disambut tepukan tangan meriah para penonton.

Bob James tampil mengenakan kemeja hitam berlengan pendek, duduk di hadapan piano Yamaha dengan latar yang didominasi warna biru dan merah muda, serta tampilan visual berupa tiga buah layar LED di bagian tengah atas panggung. Sementara rekannya Michael, tampil mengenakan kemeja berwarna putih dan James memakai kaos hitam kasual.

Baca juga: Ada Ariel Noah-BCL, BNI Java Jazz 2023 siap tampilkan ragam kolaborasi
 
Penampilan Bob James Trio di panggung Tehbotol Sosro Hall, Hall D1, The Jakarta International BNI Java Jazz Festival ke-18 di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Jumat (2/6). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Bob James yang bernama lengkap Robert McElhiney James lantas memperkenalkan dua rekan yang menemaninya di atas panggung dan menyebut mereka sebagai talenta musik berbakat generasi saat ini.

"Saya bermain dengan ditemani dua musisi dari generasi muda yang sangat hebat. Senang sekali," ujar Bob mengarahkan tangan kepada pemain upright bass Michael dan drummer James.

Baik Michael Palazollo maupun James Adkins memang mendapatkan cukup banyak spotlight untuk menampilkan aksi solo mereka. Michael mencabik dawai bass fretless-nya dengan penuh penghayatan salah satunya pada lagu dan "Mister Magic".

Sedangkan James Adkins, menyuguhkan pukulan yang penuh dinamika pada lagu "Topside" dan variasi cowbell dengan snare drum pada lagu "Mister Magic" yang berujung pada gempuran set drum yang membahana. Kemampuan kedua musisi muda tersebut berpadu dengan jemari James yang memang amat piawai menari-nari di atas tuts piano.

Dalam penampilannya malam itu, Bob James Trio juga membawakan lagu yang cenderung manis dan easy listening yaitu "Mind Games" yang diambil dari album "Playin' Hooky" tahun 1997. 

Baca juga: BNI Java Jazz Festival jadi ajang "scouting" talenta musik Indonesia

Baca juga: Ardhito Pramono "comeback" di Java Jazz Festival

Baca juga: Titi DJ guncang panggung Java Jazz Festival penuh nostalgia

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023