Jakarta (ANTARA) - Organisasi Dorna World Superbike (WSBK) dan Sirkuit Internasional Misano “Marco Simoncelli” menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Emilia-Romagna, Italia, yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Emilia-Romagna memiliki tempat khusus di hati keluarga WSBK, dan mengingat banjir baru-baru ini, kami bersatu untuk memberikan dukungan," kata Direktur Eksekutif WSBK Gregorio Lavilla, dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Sabtu.

“Melalui berbagai inisiatif, kami akan mengumpulkan dana dan menawarkan dukungan kepada para pengungsi, menggarisbawahi komitmen kami kepada masyarakat dan persatuan dalam keluarga WSBK,” imbuhnya.

Adapun bencana banjir tersebut meluas di kota-kota seperti Bologna, Cesena, Forlì, Faenza, Ravenna, dan Rimini. Dilaporkan terdapat korban jiwa dan puluhan ribu orang mengungsi. Kerusakan yang ditimbulkan ditaksir melebihi tujuh miliar Euro.

Bantuan dari WSBK dan Sirkuit Misano pun diwujudkan melalui serangkaian inisiatif yang akan dilakukan dengan tujuan mengumpulkan dana untuk masyarakat yang terkena dampak.

Baca juga: Bautista pimpin sesi latihan bebas WSBK Italia

Salah satu prakarsa penting adalah stiker penghormatan yang dirancang oleh Aldo Drudi yang akan ditampilkan secara mencolok di semua tim WSBK dan sepeda motor para pebalap.

Selain itu, masyarakat yang hadir dan menyaksikan acara tersebut akan diajak untuk berkontribusi dengan memberikan donasi kepada Badan Perlindungan Sipil Daerah Emilia-Romagna. Setiap kontribusi, sekecil apapun, akan membuat perbedaan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak untuk segera pulih dan membangun kembali kehidupan mereka.

“Kami berterima kasih kepada Dorna dan Sirkuit Dunia Misano atas semua inisiatif yang mereka terapkan untuk mendukung Romagna,” kata Kepala Sekretariat Kepresidenan Wilayah Emilia-Romagna Giammaria Manghi.

Selanjutnya, tim dan pebalap WorldSBK akan turut menyumbangkan memorabilia yang ditandatangani yang akan dilelang segera setelah WSBK Italia.

Lelang akan berlanjut hingga pertengahan Juli, meliputi Prometeon Italian Round yang akan diadakan di Imola, area di Emilia-Romagna yang terkena dampak parah banjir baru-baru ini. Hasil dari lelang akan langsung digunakan untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Baca juga: Putaran kelima WSBK siap bergulir di Misano
Baca juga: Toprak sebut tak mudah tinggalkan Yamaha


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023