Jakarta (ANTARA) - Sutradara Peter Sohn mengakui bahwa film animasi "Elemental" terinspirasi dari pengalaman personalnya yang hidup sebagai imigran Korea di AS dan menikah dengan perempuan non-Korea.

Sohn lahir dan dibesarkan di kota New York, Amerika Serikat (AS) dari keluarga imigran Korea. Setelah menikah, dia memiliki anak yang tumbuh dalam campuran budaya yang berbeda. Istri Sohn sendiri merupakan keturunan Italia-Jerman-Inggris.

"Perasaan itu terkadang bisa seperti beban. Saya bertanya-tanya apakah berarti saya memutus rantai dalam hidup saya karena tidak mendorong bahasa dan budaya Korea (kepada anak-anak saya)," kata Sohn kepada Variety, disiarkan Jumat (2/6) waktu setempat.

Baca juga: Disney dan Pixar umumkan film animasi baru "Elemental"

"Elemental" mengikuti kisah Ember Lumen dari elemen api dan Wade Ripple dari elemen air yang saling jatuh cinta walaupun keduanya berbeda satu sama lain.

Dalam dunia yang lebih luas, keduanya juga hidup di sebuah kota di mana penduduk yang berasal dari elemen api, air, tanah, dan udara hidup berdampingan.

"Dan karakter utama, Ember, meskipun budayanya fiktif, dia menghadapi masalah yang sangat mirip dalam mencoba memahami hidupnya di tempat yang bukan rumah bagi orang tuanya," kata Sohn.

"Elemental" menandai film animasi kedua yang disutradarai dan ditulis oleh Sohn setelah "The Good Dinosaur" (2015). Walaupun Sohn merasa bangga dengan film terdahulunya, fitur animasi debutnya itu tidak terlalu bermakna personal baginya.

Oleh sebab itu, dia merasa beruntung memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek "Elemental" yang diproduksi oleh Pixar dengan mengembangkan cerita yang terinspirasi dari kehidupan personalnya.

"... Saya merasa beruntung dan mendapat hak istimewa untuk membuat film lain (setelah 'The Good Dinosaur') dan benar-benar berusaha memasukkan semua yang saya miliki (hal-hal yang personal) ke dalam cerita," kata Sohn.

Film "Elemental" belum lama ini memulai debutnya sebagai film penutup yang diputar di Festival Film Cannes pada 27 Mei lalu. Sohn mendedikasikan momen berharga untuk debut di festival tersebut kepada para kru yang terlibat dalam produksi.

"Saya belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya, meskipun saya sudah bekerja (di Pixar) begitu lama. Saya benar-benar merasa terhormat dan bangga luar biasa," kata Sohn.

"Elemental" akan diputar secara teatrikal di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada 16 Juni mendatang. Film juga akan ditayangkan di sejumlah negara dengan waktu penayangan perdana yang mungkin berbeda, seperti di bioskop Korea Selatan yang dijadwalkan rilis pada 14 Juni 2023.

Baca juga: Disney rilis pratinjau 20 menit film "Elemental" di CinemaCon

Baca juga: Disney siapkan banyak wahana dan atraksi pada 2023

Baca juga: Bagnaia debut sebagai pengisi suara di film "Elemental"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023