Jambi (ANTARA) - Provinsi Jambi memproyeksikan Gunung Kerinci dan Candi Muaro Jambi masuk dalam warisan dunia setelah UNESCO Global Geopark (UGG) resmi menyatakan Geopark Merangin sebagai warisan dunia.

“Geopark Merangin, Jambi pada 24 Mei lalu, resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau warisan dunia, dan kini program kita ke depan Gunung Kerinci dan Candi Muaro Jambi juga jadi warisan dunia,” kata Gubernur Jambi Al Haris, Sabtu.

Saat ini pemerintah Provinsi Jambi berupaya maksimal melakukan pembenahan tata kelola Geopark Merangin, baik penataan di lapangan maupun pembenahan sisi dokumen supaya geopark itu memperoleh sertifikat pengakuan warisan dunia.

"Setelah Geopark Merangin, kita akan upayakan Gunung Kerinci dan Candi Muaro Jambi untuk menjadi bagian warisan dunia,” kata Gubernur Jambi Al Haris pada acara silahturahmi dan Halal Bi Halal Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta berlangsung di Balai Mufakat Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Baca juga: Geopark Merangin resmi masuk dalam warisan dunia

Baca juga: Jambi usulkan Geopark dan Percandian Muaro Jambi jadi warisan dunia


"Anjungan Jambi ini diharapkan juga bisa menjadi sarana promosi bagi produk khas Jambi seperti wisata, budaya dan kuliner," kata Al Haris.

Gubernur Jambi Al Haris juga mengungkapkan hasil pencapaian program pembangunan Jambi Mantap 2024.

"Ini merupakan langkah pemersatu bagi warga Jambi, kita juga harus mengapresiasi tokoh Jambi yang sukses di perantauan untuk pulang membangun Provinsi Jambi," kata Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengungkapkan bahwa persoalan batubara masih menjadi isu hangat di Provinsi Jambi.

Sebagai penyumbang devisa terbesar kedua tentunya batubara ini menjadi isu hangat, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dengan membuka akses jalan khusus angkutan batu bara dari Simpang Karmeo - Kilangan serta Simpang Durian Luncuk - Sridadi guna mengurai kemacetan.

Kemudian Gubernur Jambi Al Haris juga mengutarakan, Provinsi Jambi masuk ke dalam 10 besar provinsi dengan inflasi terendah dengan angka inflasi 3,78 persen dan ini merupakan tanda keberhasilan Provinsi Jambi dalam mengendalikan inflasi.*

Baca juga: Situs Batu Silindrik Merangin Jambi bagian dari penilaian tim UNESCO

Baca juga: Kawasan Geopark Merangin bersih dari sampah plastik


Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023