Kab. Cirebon (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menilai banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi para musikus masa kini.

"Kalau saya melihat sekarang, ya, banyak media yang bisa dipakai," kata Ganjar Pranowo dalam pertemuan dengan pemengaruh, Generasi Z, pegiat TikTok, dan milenial se-Cirebon di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.

Ganjar mencontohkan pengembangan potensi musikus dengan menggunakan media konvensional dapat dilakukan melalui penampilan grup musik, mendatangi kampung-kampung, hingga menggelar konser.

Baca juga: Ganjar diskusi kebangsaan dengan pimpinan Pesantren Buntet

"Terus, yang kedua, dia recording sendiri, ya. Dia jual atau sekarang masuk Spotify atau di-YouTube-in, gitu ya," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar sempat menyinggung terkait grup musik Weird Genius, yang pernah menggabungkan unsur musik tradisional dan modern dalam karya mereka hingga menjadi terkenal.

"Weird Genius dengan lagu Lathi, itu dahsyat menurut saya," katanya.

Pertemuan Ganjar dengan para pemengaruh, Generasi Z, pegiat TikTok, dan milenial se-Cirebon itu merupakan bagian dari safari politik di Cirebon, Jawa Barat.

Baca juga: Zulhas: PAN hormati tawaran PDI Perjuangan dukung Ganjar

Untuk diketahui, pendaftaran bakal capres dan cawapres dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan capres dan cawapres diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen, sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Grafolog nilai Ganjar sosok yang gesit dan teliti

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023