Banjarmasin (ANTARA) -
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan provinsinya mendapat tambahan kuota haji sebanyak 113 orang dari pembagian kuota tambahan yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kepada Indonesia pada musim haji tahun 2023.
 
"Kuota haji tambahan yang diberikan Arab Saudi kepada Indonesia sebanyak 8.000 orang, Provinsi kita mendapatkan pembagian sebanyak 113 orang," ujarnya di Banjarmasin, Sabtu.
 
Menurut dia, tambahan kuota haji itu pastinya sangat berarti bagi Provinsi Kalsel karena antrian haji di atas 100 ribu. Sedangkan, kuota haji Kalsel setiap tahun hanya 3.818 orang, hingga antrian haji di provinsi ini menjadi puluhan tahun baru berangkat.
 
"Jadi semaksimal mungkin kita manfaatkan kuota haji tambahan ini, sehingga antrean haji bisa berkurang," ujarnya.

Baca juga: Sekitar 1.300 calon haji Embarkasi Banjarmasin telah berada di Tanah Suci

Baca juga: Pertamina Kalimantan pastikan stok avtur penerbangan haji terpenuhi


Calon haji yang berpeluang berangkat untuk kuota tambahan sudah disiapkan, tinggal menunggu Keputusan Menteri Agama (KMA) terkait pelunasan biaya haji.
 
"Kalau KMA sudah keluar, segera para jamaah calon haji yang disiapkan melunasi biaya haji ke bank," ujarnya.
 
Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) untuk Embarkasi Banjarmasin, Kalsel pada tahun 2023 sebesar Rp50.753.057.
 
Saat ini, operasional keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin, Kalsel sudah dilaksanakan, bahkan sudah empat Kloter.
 
Keberangkatan haji Kalsel mulai Kloter 1 dari Kabupaten Banjar pada 29 Mei 2023, Kloter 2 dari Kabupaten Tabalong pada 31 Mei 2023, Kloter 3 dari Kabupaten Kapuas Kalteng pada 1 Juni 2023 dan Kloter 4 dari Kabupaten Barito Selatan dan Kota Waringin Timur, Kalteng.
 
Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan memberangkatkan sebanyak 17 Kloter, yakni, 12 kloter penuh dari Kalsel, empat kloter penuh dari Kalteng dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng.
 
Adapun jumlah jamaah calon haji dua provinsi tersebut, sebanyak 5.430 orang, dengan rincian, dari Kalsel sebanyak 3.818 orang ditambah 113 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang.*

Baca juga: Gubernur Kalsel ingatkan JCH jaga kekompakan jalani ibadah haji

Baca juga: Bupati minta JCH Banjar jaga kesehatan fisik dan mental

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023