Jakarta (ANTARA News) - Gol semata wayang dari Younus Mahmood  membuat Irak menang atas Indonesia dengan skor 1-0, dalam laga kualifikasi Piala Asia Grup C di Al Rasyid Stadium, Rabu malam.

Gol tersebut bermula dari blunder Hamdi Ramdan yang melakukan umpan ke lini belakang Indonesia. Bola lambung yang tidak jelas peruntukannya itu dengan cerdik diserobot penyerang Irak, Younus Mahmood.

Dia kemudian berlari sampai ke depan gawang Indonesia. Kapten Irak itu mampu bergerak cepat mengelabui  kiper, Endra Prasetya. Dengan tenang, pemain Irak itu menceploskan bola ke gawang Indonesia.

Sepanjang pertandingan, anak-anak asuh Hakeem Shakir terlihat menguasai jalannya pertandingan. Mereka tak henti-henti membobardir pertahanan Indonesia sejak babak pertama.

Serangan Irak, kebanyakan dilakukan lewat sayap dan bola-bola lambung. Hanya saja pasukan Nil Maizar beruntung tidak banyak kebobolan, karena banyak kesalahan yang dilakukan oleh para penyerang lawan.

Indonesia hampir tidak membuat peluang satupun dalam pertandingan tersebut. Pergerakan yang dilakukan oleh aksi individual dari Okto Maniani dan Andik Vermansyah kerapkali patah sebelum sampai depan gawang Irak.

Peluang satu-satunya datang dari Vendry Moffu di menit 82. Dia melakukan solorun dari kanan pertahanan Irak, kemudian dari luar kotak penalti, ia melepaskan tembakan ke gawang Irak.

Tendangan keras dari pemain kelahiran Wamena itu berhasil ditepis oleh kiper, Noor Sabri.

Dengan kekalahan pertandingan pertama tersebut, Indonesia belum mendapatkan poin di klasemen Grup C Kualifikasi Piala Asia. Sementara itu Iraq langsung memimpin klasemen dengan poin tiga.

Sedangkan tim lainnya yang juga ada di Grup C yaitu Arab Saudi dan China, belum bermain. Indonesia sendiri selanjutnya akan menghadapi Arab Saudi pada 23 Maret. (lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013