Jakarta (ANTARA) - Influencer kecantikan Abel Cantika membagikan beberapa tips kecantikan untuk perempuan Indonesia, terutama untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

Saat ditemui dalam acara peluncuran produk terbaru “Sunscreen Serum Nivea Sun Sachet” di “Beauty Fest 2023”, Jakarta, Sabtu, Abel mengatakan pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya wajah di tengah cuaca panas.

Selain melindungi kulit agar tidak berubah warna, penggunaan sunscreen juga dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, yakni sinar dari radiasi matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini serta kulit terbakar.
 
"Setahu aku, bahkan BMKG sudah menyarankan kita untuk menggunakan sunscreen," kata Abel.
 
Selain itu, Abel juga menyarankan untuk tetap menggunakan produk perawatan kulit untuk wajah serta tabir surya untuk seluruh tubuh. Sebelum menggunakan riasan wajah, sebaiknya juga selalu usahakan wajah tetap lembab dengan menggunakan produk perawatan kulit, seperti serum atau krim pelembab.

Baca juga: Tren kecantikan 2023, masyarakat cenderung fokus pada kesehatan kulit
 
Bukan tanpa alasan, kulit yang terlalu kering dapat membuat riasan wajah terlihat tebal dan kurang menempel ke kulit wajah. Dengan wajah yang lembab, riasan wajah akan terlihat lebih natural dan bertahan lama.

Untuk urutan pemakaian produk perawatan kulit pada wajah, gunakan toner, serum, pelembab, dan tabir surya terlebih dahulu. Penggunaan sunscreen dilakukan sebelum mengaplikasikan riasan pada wajah karena sunscreen masuk ke dalam produk perawatan wajah.

Setelah semua produk perawatan wajah selesai diaplikasikan, gunakan riasan wajah setelahnya, yakni primer atau alas bedak, bedak, lipstik, dan lainnya. Banyaknya jenis produk riasan wajah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan model riasan yang ingin diaplikasikan.

Selain itu, Abel juga mengingatkan untuk memilih tabir surya yang tidak lengket, mudah diaplikasikan ke wajah agar cepat menyerap ke kulit, tidak menimbulkan whitecast (efek samping pada kulit orang-orang yang memiliki warna lebih gelap), dan tidak menyebabkan penggumpalan saat dipakai bersamaan dengan produk riasan wajah.
 
Kemudian, pilih produk sunscreen dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) atau pelindung kulit dari sinar UV. Ia pun menyarankan untuk menggunakan produk sunscreen ber-SPF tinggi, seperti SPF 50 agar dapat melindungi kulit dengan lebih maksimal.
 
"Jangan lupa pakai sunscreen, soalnya cuaca sekarang pun panas banget,” kata Abel.

Baca juga: Perhatikan 6 hal ini sebelum lakukan prosedur kecantikan permanen

Baca juga: Tips kecantikan ala Natasha Wilona, selalu bawa "sheet mask"

Baca juga: Kiat jaga kecantikan kulit dengan Sato Hakubi

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023