Singapura, (Antara News) - Javad Nekounam menciptakan tiga gol saat juara tiga kali Iran mengawali upaya mereka meraih sukses di Piala Asia 2015 dengan mengalahkan Lebanon 5-0 di Teheran, Rabu.

Mantan pemain Osasuna, yang kini memperkuat klub Iran Esteghlal, menjebol gawang dari titik penalti pada setiap babak dan kemudian menambah gol kelima yang juga terakhir. Sementara itu penyerang Standard Liege Reza Ghoochannejhad mencetak dua gol pada pertandingan yang digelar di Stadion Azadi, Teheran, itu.

Kemenangan telak itu membuat Iran menjadi favorit untuk bergabung dengan Jepan, tuan rumah Australia, dan Korea Selatan, yang menempati posisi pertama, kedua, dan ketiga pada Piala Asia 2011, pada Piala Asia edisi mendatang pada awal 2015.

Masing-masing dua tim teratas dari lima grup kualifikasi akan lolos, bersama tim posisi ketiga terbaik, dengan Iran sudah berada di tempat yang bagus di posisi teratas Grup B.

Pesaing terdekat Iran di grup itu adalah Kuwait, yang membuat posisi kedua Asia Tenggara, Thailand, menelan kekalahan 1-3 di depan para pendukungnya di Bangkok.

Gol bunuh diri pada awal pertandingan menghantam Thailand dan dua gol pada babak kedua dari Hussain Fadhel dan Hamad Aman sudah memastikan kekalahan mereka sebelum gol penghibur dari Chanathip Songkrasin.

Pada pertandingan lain, Uni Emirat Arab meraih kemenangan 2-1 atas Vietnam, dan 10 pemain Hong Kong menahan Uzbekistan 0-0 di Tashkent, demikian AFP.

(I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013