Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi sepekan, Senin (29/5) sampai Sabtu (3/6) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Ganjar serukan persatuan pada Peringatan Hari Lahir Pancasila

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerukan semangat persatuan saat upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang berlangsung di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, tepatnya di Alun-Alun Pancasila Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis.

Dengan mengenakan beskap berwarna merah, Ganjar memimpin jalannya upacara Hari Lahir Pancasila dan menegaskan pentingnya menjaga persatuan antar-anak bangsa.

Selengkapnya baca disini

2. Desain bertema pohon hayat terpilih logo IKN Nusantara

Desain bertema pohon hayat terpilih menjadi logo Ibu Kota Negara Nusantara berdasarkan hasil sayembara yang diumumkan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Jokowi saat mengumumkan hasil sayembara logo IKN Nusantara.

Selengkapnya baca disini

3. Ketua MPR tegaskan Pancasila layak dijadikan rujukan peradaban dunia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia layak dijadikan peradaban dunia.

Hal ini disampaikan Bamsoet saat membaca Teks Pancasila dalam Upacara Hari Lahir Pancasila 2023, di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca disini

4. Adian Napitupulu konsolidasi pemenangan Ganjar di Melbourne

Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu melakukan konsolidasi pemenangan bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Melbourne, Australia.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, Adian dijadwalkan berada di Melbourne hingga 8 Juni 2023, dengan beberapa agenda kegiatan, di antaranya wawancara di Radio Suara Indonesia, bertemu dengan Komunitas Batak @Victoria, Unvelling Soekarno di Universitas Melbourne serta bertemu dengan komunitas Indonesia Diaspora Network.

Selengkapnya baca disini

5. Mahfud klarifikasi ke MK soal putusan gugatan sistem pemilu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah mengklarifikasi langsung ke jajaran Mahkamah Konstitusi terkait isu dugaan kebocoran informasi putusan perkara gugatan sistem pemilihan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Sudah beredar isu di luar bahwa sudah ada putusan dan sebagainya. Saya tadi memastikan ke MK, apa betul itu sudah diputuskan? Belum," kata Mahfud saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pemilu 2024 bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023