Tokyo (ANTARA) - Dua orang tewas dan 35 lainnya terluka akibat hujan lebat melanda wilayah yang luas di Jepang, demikian menurut otoritas lokal pada Sabtu, menyebabkan longsor dan sungai meluap di banyak wilayah di bagian timur negara itu.

Badai petir  terlihat berlangsung tanpa henti dari Jumat hingga Sabtu pagi di wilayah barat dan tengah, dengan 23 lokasi di delapan prefektur mendapati curah hujan yang menyentuh rekor hujan selama 24 jam, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Kondisi cuaca buruk disebabkan udara hangat dan lembab yang bertiup dari Topan Mawar dan hujan gelombang udara dingin dekat pulau utama Jepang Hoshu.

Topan tersebut kemudian diturunkan menjadi siklon ekstra tropis pada Sabtu pukul 3 sore setelah bergerak ke pulau Izu, selatan Tokyo, menurut badan itu.

Sungai yang meluap memaksa beberapa pemerintah daerah seperti Toyoashi di Prefektur Aichi, mengeluarkan peringatan banjir paling tinggi kepada penduduk, menyerukan kepada mereka untuk segera menuju tempat yang lebih aman.

Di Toyoashi, seorang pria 65 tahun dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu setelah ditemukan berada di dalam mobil di sebuah ladang yang terendam banjir Jumat malam, kata polisi, seraya menambahkan bahwa mobil tersebut nyaris tenggelam sepenuhnya.

Seorang pria yang sedang memancing di Moka, Prefektur Tochigi, juga tewas setelah tersapu ke terowongan irigasi.

Setidaknya lima orang hilang, 232 rumah mengalami kerusakan baik sebagian atau seluruhnya, kata pihak berwenang. Sebanyak dua juta penduduk prefektur Gizu, Shizuoka, Aichi dan Mie disarankan untuk mengungsi sementara.

Di sebagian Prefektur Shizuoka, kota Hamamatsu, ketinggian curah hujan mencapai 497,5 milimeter, sementara curah hujan setinggi 419 mm dialami Toyohashi dalam 24 jam hingga Sabtu pagi, menurut keterangan badan itu.

Pada Sabtu pagi wilayah Kanto yang berpusat di Tokyo, curah hujan 47,5 mm teramati dalam satu jam di Funabashi, Prefektur Chiba, dan 45 mm di Nerima Ward, Tokyo.

Central Japan Railway Co kembali mengoperasikan layanan kereta cepat antara Tokyo dengan Osaka setelah sebelumnya melakukan pembatalan akibat hujan.

Pelayanan jalur Shinkansen Tokaido dibatalkan pada rute Tokyo dan Nagoya di Prefektur Aichi. Kereta antara stasiun Nagoya dan Shin-Osaka berjalan setiap satu jam hingga sore.

Perusahaan mengoperasikan kereta bagi penumpang yang terlantar pada Jumat di stasiun Tokyo, Nagoya dan Shin-Osaka. Sebanyak 5.300 orang bermalam di mobil-mobil, kata badan itu.

Para penumpang yang terpaksa bermalam di stasiun atau kereta terlihat kelelahan akibat hal itu.

"Sekitar 80 persen kursi ditempati," kata Kengo Kaku (46 tahun) dari Prefektur Okayama setelah bermalam di kereta cepat di stasiun Tokyo. "Saya bisa merebahkan kursi saya hanya sedikit. Saya tidak bisa tidur lelap."

Stasiun Nagoya tetap dipadati penumpang yang terlantar, bahkan pada Sabtu malam, saat mereka memeriksa status operasional kereta melalui layar elektronik.

Sumber: Kyodo-OANA
Baca juga: Hujan lebat di Jepang, 120 ribu orang diminta mengungsi
Baca juga: Longsor akibat hujan lebat di Jepang sebabkan 20 orang hilang
Baca juga: Jepang evakuasi ribuan orang setelah hujan lebat di Kyushu

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023