Jakarta (ANTARA) - Yayasan Institut Sumber Daya Dunia (World Resources Institute/WRI) Indonesia berperan aktif dalam mendukung upaya percepatan perbaikan kualitas udara melalui pemasangan peralatan pemantauan kualitas udara di wilayah DKI.
 
"WRI Indonesia bangga dapat berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas udara lewat pemasangan peralatan pemantauan kualitas udara di Jakarta," kata Direktur WRI Indonesia Nirarta Samadhi saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dan HUT Ke-496 Kota Jakarta di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Peralatan tersebut akan memberikan data yang lebih akurat terkait sumber polusi udara lokal sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas udara, mengatasi perubahan iklim dan melindungi kesehatan penduduk kota.
 
"Kemitraan kami dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memungkinkan untuk menyediakan data yang berharga mengenai sumber-sumber polusi udara lokal sehingga dapat mendukung penyusunan kebijakan udara bersih yang tepat sasaran," ujar Nirarta.
 
Alat pemantau kualitas udara itu merupakan hasil dari kemitraan strategis antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan WRI Indonesia di bawah program "Clean Air Catalyst" (CAC), sebuah kemitraan global yang didukung oleh US Agency for International Development (USAID) dan konsorsium yang terdiri dari WRI Indonesia dan Vital Strategies di Jakarta.

Baca juga: DLH DKI luncurkan alat pemantau kualitas udara
Baca juga: Pakar: Keluhan batuk warga Jakarta akibat polusi perlu didukung data
 
Nirarta berharap kerja sama WRI Indonesia dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus berlanjut untuk mendorong kesejahteraan warga DKI Jakarta yang lebih baik lagi.
 
"Kami berharap kerja sama ini akan terus berlanjut seiring dengan upaya kami terus mendorong ragam inisiatif dan inovasi, seperti kampanye penanaman pohon, untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga di Jakarta dan kota-kota di Indonesia," kata Nirarta.
 
Menurut Direktur US Agency for International Development (USAID) Indonesia Jeff Cohen, polusi udara merupakan tantangan bagi kota-kota di seluruh dunia.
 
“Polusi udara merupakan tantangan lingkungan dan kesehatan masyarakat yang utama di kota-kota di seluruh dunia," kata Jeff Cohen.
 
Karena itu, kata Jeff, alat pemantau baru ini akan memberikan data penting untuk membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kualitas udara dan kesehatan warganya.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023