Pada masa libur panjang akhir pekan ini pengguna jasa kereta api mencapai 6.700 penumpang per hari
Cirebon, Jabar (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan penumpang kereta api (KA) mengalami peningkatan sebesar 21 persen pada masa libur panjang akhir pekan ini dibandingkan akhir pekan biasanya.

"Pada momen libur akhir pekan ini ada peningkatan pengguna kereta api sebanyak 21 persen," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi di Cirebon, Jabar, Minggu.

Ayep mengatakan pada akhir pekan hari biasa, penumpang yang menggunakan jasa kereta api untuk keberangkatan dari wilayah Daop 3 Cirebon sekitar 5.500 per hari.

Sedangkan, lanjutnya, pada masa libur panjang akhir pekan ini pengguna jasa kereta api mencapai 6.700 penumpang per hari, sehingga mengalami peningkatan 21 persen.

Menurutnya, untuk kedatangan kereta, baik dari arah barat seperti Bandung, dan Jakarta, juga ada penumpang dari arah timur yaitu Yogyakarta, Surabaya, maupun Semarang, juga mengalami peningkatan.

"Untuk kedatangan juga mengalami peningkatan, di mana di hari biasa itu yang datang ke Cirebon biasanya 4.000 orang, dan kini mencapai 5.000 orang per hari," tuturnya.

Ayep mengingatkan kembali para pengguna jasa kereta api memperhatikan jadwal keberangkatan, mengingat mulai 1 Juni 2023, sejumlah jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta berubah sesuai pemberlakuan grafik perjalanan kereta api (gapeka).

"Kami mengimbau kepada pelanggan untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal keretanya karena sudah berlaku Gapeka 2023," katanya.

Baca juga: KAI: Jumlah penumpang kereta jarak jauh meningkat jelang libur panjang
Baca juga: PT KAI Palembang memberlakukan Gapeka per 1 Juni 2023
Baca juga: Daop 2 inspeksi lintas Bandung-Purwakarta jelang penerapan Gapeka 2023

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023