Jakarta (ANTARA) -
Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) menggelar Kongres Biasa 2023 pada Sabtu, untuk mensinkronisasikan program dengan PSSI.
 
Kongres tersebut berlangsung secara virtual. Ketua Umum ASBWI H. Nadalsyah mengatakan hal itu dilakukan karena kongres harus dijadwal ulang mengikuti jadwal Kongres Pemilihan PSSI serta Kongres Biasa PSSI, agar program kerja ASBWI tetap sejalan dengan PSSI.
 
Sinkronisasi program itu menjadi penting, karena terdapat dua target besar di depan mata, yakni tim nasional sepak bola putri dapat lolos ke Piala Dunia Wanita 2035 dan menjuarai Piala Asia 2038.
 
"Sebagai anggota PSSI, ASBWI tentu akan menjalankan arahan dan petunjuk dari Kongres PSSI kemarin. Kami juga ingin timnas putri menjadi 30 besar terbaik di dunia," kata Nadalsyah dalam keterangan yang diterima pewarta.
 
"Berbagai program kerja telah dilaksanakan ASBWI di tahun 2022 lalu, mulai dari pengembangan grassroots melalui program festival U-10 dan U-12 di berbagai provinsi, coaching clinic bekerja sama dengan EDF La Liga, kemudian kompetisi dimulai dari pelaksanaan mandat Piala Pertiwi 2022, dan Piala Gubernur DKI Jakarta 2022," tambahnya.
 
Kongres itu diikuti oleh seluruh anggota ASBWI dan dibuka oleh satu-satunya anggota Komite Eksekutif wanita di PSSI, yakni Vivin Cahyani Sungkono.
 
Dalam kesempatan itu ASBWI juga menerima dan mengukuhkan anggota baru. ASBWI kini total memiliki 76 anggota, yang terdiri dari 30 ASBWI Provinsi dan 46 klub anggota.
 
Dengan berbagai target jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang dibebankan, ASBWI optimistis dalam menatap masa depan. Terdapat lima program kerja yang dicanangkan, yakni menggelar kompetisi U-15 Nasional di Jakarta International Stadium pada Juli 2023, menggelar kompetisi U-17 serta dua kompetisi papan atas yakni Piala Ibu Negara dan ASBWI Cup.
 
"Selain itu, ASBWI akan ada program pengembangan bisnis di area media dan komersial," pungkas Nadalsyah.


Baca juga: PSSI akan kembali gelar Liga 1 Putri pada Desember 2022
Baca juga: Timnas U-18 putri dihujani bonus usai menangi dua laga Piala AFF
Baca juga: Delapan tim sepak bola wanita ikuti Piala Gubernur DKI Jakarta 2022

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023