Jambi (ANTARA) - Bandara Sultan Thaha Jambi melayani 407.991 penumpang sejak periode Januari hingga 31 Mei 2023 dan meningkat sebesar 23,89 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Thaha Jambi Siswanto di Jambi, Minggu, mengatakan jumlah penumpang tersebut berasal dari 3.095 penerbangan.

Aktivitas penumpang ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2022 dengan bulan yang sama. Pada 2022 lalu pada periode yang sama jumlah penumpang hanya mencapai 307.522 penumpang.

Siswanto menerangkan peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kondisi perekonomian sudah mulai membaik.

Ia mengatakan kegiatan-kegiatan nasional yang diselenggarakan di Provinsi Jambi juga mendukung peningkatan jumlah penumpang di bandara tersebut.

"Banyak orang dari luar daerah terutama pejabat yang datang ke Jambi," katanya.

Faktor lainnya yaitu inflasi Jambi yang sudah menurun juga ikut mempengaruhi.
Dicabutnya aturan PPKM untuk penerbangan juga mempengaruhi banyaknya penumpang yang menggunakan jasa penerbangan.

Selain itu dibukanya kembali ibadah umroh ke tanah suci juga mempengaruhi peningkatan penumpang, karena banyak masyarakat Jambi yang berangkat menjalankan ibadah umroh.

Pada momen mudik lebaran tahun 2023 juga terjadi peningkatan jumlah penumpang. Bahkan pada hari tertentu jumlah penumpang mencapai tiga ribuan per hari.

Untuk mendorong peningkatan jumlah penumpang pesawat pihak Bandara Sultan Thaha Jambi juga berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya seperti penyelenggaraan kegiatan pariwisata yang mendorong wisatawan datang ke Jambi.

Baca juga: Gernas BBI, Kemenhub jadikan Bandara Sultan Thaha tempat promosi UMKM

Baca juga: Bandara Sultan Thaha Jambi terima anugrah Bandara Sehat dari Kemenkes

Pewarta: Tuyani
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023