Jakarta (ANTARA) - Direktur PT Supersport Sensation International Azwan Karim berharap turnamen Mandiri 3X3 Indonesia Tournament bisa menjadi ajang pembibitan pebasket muda potensial yang bakal membela tim nasional Indonesia kedepannya.

"Kami bekerja sama dengan Perbasi tentunya sebagai Federasi Bola Basket Indonesia kami juga ingin ikut sedikit membantu teman-teman Perbasi bisa lihat (potensi) pemain-pemain yang bisa ditarik ke timnas atau mana pun," kata Azwan Karim saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu.

Acara Mandiri 3X3 Indonesia Tournament regional Jakarta itu dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda Dan Olahraga provinsi DKI Jakarta Wisnu Dewantoro, yang meninjau langsung para atlet muda dalam proses seleksi membela DKI Jakarta nantinya.

Turnamen basket yang diisi rentang usia U-18 dan U-23 itu kini telah memasuki seri ketiga di Jakarta, setelah sebelumnya seri pertama dan seri kedua digelar di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca juga: Lapangan Banteng jadi lokasi final 3x3 Indonesia Tournament di Jakarta

"Ya ini sudah seri ketiga dari Jawa Timur, Jawa Barat, dan sekarang ada di DKI Jakarta dan ini bagian dari Mandiri 3X3 Tournament yang kita adakan ini sebenarnya sudah tahun kedua. Mudah-mudahan di tahun depan akan kita laksanakan seperti tahun -tahun sebelumnya," kata Azwan.

Azwan juga mengungkap bahwa antusiasme para pebasket muda kategori putra di Jakarta sangat tinggi, namun tidak dibarengi dengan minat dari para pebasket muda kategori putri.

"Di Jakarta secara peserta itu sangat banyak, khususnya U-23 putra. Kami masih banyak pekerjaan rumah bukan cuma basket saja, tapi hampir semua cabang olahraga terkendala untuk partisipasi putrinya. Memang kami harus benar-benar gaungkan (ajang ini), kami jalankan terus secara reguler memang perlu perjuangan agar putri banyak partisipasinya. Kalau putra mereka lebih antusias," kata Azwan memaparkan.

Selanjutnya Mandiri 3X3 Indonesia Tournament bakal digelar dengan seri keempat di Jawa Tengah. Lalu para perwakilan yang diseleksi secara regional bakal dipertandingkan kembali pada tingkat nasional yang rencananya bakal digelar di Jakarta.

Baca juga: Perbasi cari bibit atlet baru dari turnamen 3x3
Baca juga: Turnamen 3x3 buat pebasket putri mulai cicipi atmosfer kompetisi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023