Tahun depan, kita usahakan bisa tingkat nasional
Sumenep (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur terus berupaya menggaet para wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu, salah satunya dengan menggelar festival paralayang.

"Festival paralayang ini merupakan satu dari 61 kalender tahunan yang memang dijadwalkan oleh Pemkab Sumenep guna menarik minat wisatawan berkunjung ke kabupaten ini," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Sumenep, Jawa Timur, Minggu.

Baca juga: Khofifah: Pasir bersalju Bromo jadi momen kunjungan wisata

Festival paralayang yang diikuti 46 atlet paralayang Se-Jawa Timur ini bertempat di Puncak Lanjari Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 2 hingga 4 Juni 2023 ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan musik tradisional Sumenep, yakni musik tong-tong dan pameran bonsai.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan, festival yang diselenggarakan di Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan itu sekaligus juga menjadi menjadi ajang promosi wisata ke kancah Jawa Timur.

"Tahun depan, kita usahakan bisa tingkat nasional, sehingga jangkauannya akan lebih luas, dan secara otomatis juga akan lebih banyak warga luar Sumenep yang datang ke Kabupaten Sumenep ini," katanya.

Selain untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Sumenep, festival paralayang ini juga dimaksudkan untuk menghidupkan ekonomi warga di sekitar lokasi festival.

Baca juga: Wali kota kenalkan Makassar Kota Makan Enak kepada wisatawan

Baca juga: BPDLH: Pohon besar di Koto Malintang Agam jadi daya tarik wisatawan

Baca juga: Dispar Gunungkidul targetkan 54.438 wisatawan selama libur panjang

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023