Mataram (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengunjungi Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan menyerahkan sejumlah bantuan kemanusiaan bagi korban kerusuhan 22 Januari lalu.

"Ada sejumlah bantuan yang diserahkan Pak Mensos yang hari ini meninjau Kabupaten Sumbawa pascakerusuhan," kata Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTB Bachrudin, di Mataram, Kamis.

Bachrudin menyebut bantuan yang diserahkan Mensos itu antara lain uang tunai sebesar Rp1,2 juta kepada setiap keluarga yang rumahnya rusak akibat kerusuhan di Kabupaten Sumbawa.

Namun, total nilai bantuan untuk perbaikan rumah itu hanya sebesar Rp348 juta sehingga jumlah penerima bantuan disesuaikan dengan dukungan anggaran.

"Data versi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, jumlah rumah yang rusak akibat kerusuhan itu lebih dari 100 unit, sehingga disesuaikan dengan nilai bantuan," ujarnya.

Selain itu, Mensos juga menyerahkan bantuan sebesar Rp500 juta untuk desa yang terkena dampak kerusuhan. Sasarannya lima desa, masing-masing mendapat Rp100 juta.

Bantuan lainnya, yakni uang tunai sebesar Rp700 juta untuk kebutuhan penunjang perbaikan rumah penduduk yang terkena dampak kerusuhan tersebut.

"Berbagai bantuan itu diserahkan oleh Pak Mensos yang bersama rombongannya meninjau Kabupaten Sumbawa, pada 7 Februari ini," ujarnya.

Mensos Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II itu berkunjung ke wilayah NTB, sejak Rabu (6/2) dan sempat mengunjungi Harian Umum Lombok Post serta menghadiri pertemuan Forum Keserasian Sosial di Aula Hotel Lombok Raya Mataram.

Menurut Polda NTB, dalam kerusuhan yang dipicu oleh isu menyesatkan yang mengait-ngaitkan kecelakaan lalu lintas dengan unsur SARA itu, sebanyak 35 unit rumah dibakar, puluhan rumah lainnya rusak berat, dua unit toko dan dua swalayan juga dijarah dan dibakar.

Selain itu, empat mobil dan tujuh sepeda motor dibakar, satu unit hotel (Hotel Tambora) dibakar dan satu bengkel dirusak dan dijarah.

Tujuh sepeda motor lainnya dirusak, enam unit toko dibakar, dan 142 unit kios di Pasar Seketeng, Kecamatan Sumbawa, juga dibakar.

(*)

Pewarta: Oleh Anwar Maga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013