Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Wakil Perdana Menteri Qatar sekaligus Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohamed Al-Attiyah sepakat memperkuat kerja sama bidang pertahanan dan militer.

Keduanya bertemu di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu, setelah sehari sebelumnya mereka menghadiri Shangri-La Dialogue Ke-20 yang digelar oleh International Institute for Strategic Studies (IISS) di Singapura.

“Terima kasih kepada Menteri Pertahanan Qatar dan seluruh delegasi atas diskusi produktif yang kita lakukan hari ini. Wawasan dan kontribusi yang telah diberikan sangat berharga untuk memperkuat kerja sama pertahanan Indonesia dan Qatar,” kata Prabowo dalam pertemuan bersama Menhan Qatar.

Di ruang kerja Menhan RI, Prabowo dan Al-Attiyah bertemu selama kurang lebih 1 jam berdiskusi membahas isu-isu pertahanan terkini dan menjajaki berbagai peluang kerja sama.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengapresiasi program pendidikan Sekolah Staf dan Komando Gabungan yang diberikan oleh Qatar kepada para perwira dari Indonesia.

“Kesempatan ini adalah pertukaran pengetahuan dan peningkatan pemahaman lebih tentang praktik dan strategi pertahanan yang digunakan di negara lainnya,” kata Prabowo.

Menhan RI, di hadapan Menhan Qatar, juga memuji kemampuan negara teluk itu dalam mengatasi krisis kemanusiaan dan memperkuat stabilitas di kawasan.

“Pengalaman dan sumber daya Qatar dalam memberikan bantuan dan memfasilitasi proses perdamaian terbukti berharga dalam memperkuat upaya kolektif bersama,” kata Prabowo.

Usai berdiskusi, Prabowo dan Al-Attiyah di ruangan terpisah menutup pertemuan dengan bertukar cenderamata.

Prabowo memberikan senapan serbu buatan PT Pindad seri SS2-V5 A1 untuk Menhan Qatar, sementara Al-Attiyah memberi miniatur patung berbentuk bangunan khas dari Qatar untuk Menhan RI.

Al-Attiyah mengamati beberapa detik senapan serbu pemberian Prabowo, kemudian dia tersenyum sambil menjabat tangan Menhan RI.

Senapan serbu SS2-V5 A1 merupakan peningkatan dari model lama SS2-V5 yang sebelumnya menggunakan popor model lipat menjadi popor teleskopik. PT Pindad dalam laman resminya menyampaikan SS2-V5 A1 diyakini lebih ergonomis daripada pendahulunya karena dilengkapi vertical foregrip, dan di bagian handguardada rail di bagian kiri, kanan, atas, dan bawah yang dapat dipasang berbagai aksesoris pendukung.

Baca juga: Prabowo berikan senapan serbu sebagai cenderamata untuk Menhan Qatar

Baca juga: Prabowo sebut kompromi antarnegara jadi solusi capai kemakmuran dunia

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023