Dulu, ada masa ketika saya pernah tidak memiliki uang untuk datang ke live-nya Bob James
Jakarta (ANTARA) - Inisiator dan chairman Java Jazz Festival, Peter Gontha, memberikan apresiasi khusus bagi musisi, arranger, dan produser jazz kenamaan Amerika, Bob James, lewat sebuah sesi pertunjukan bertajuk "Tribute to Bob James" pada perhelatan The Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 ke-18, Minggu.

Sesi tersebut menghadirkan beberapa karya terbaik milik sang musisi di antaranya "One Mint Julep", "Feel Like Making Love", "Between The Sheets", "Nautilus", "Since I Feel for You", "Angela", "The Closer I Get to You". Bob James sendiri juga turut menyumbangkan permainan jemari mengagumkan di atas tuts piano pada lagu "Westchester Lady" sebagai aksi pamungkas.

Baca juga: Hari kedua, BNI Java Jazz 2023 berhasil hibur penonton

Sebelum membuka konser, Peter Gontha turut membagikan kisah perihal kegemarannya terhadap karya-karya Bob James, hingga akhirnya bisa menyaksikan langsung aksi sang pianis di atas panggung.
Sesi "Tribute to Bob James" pada perhelatan The Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 ke-18, Minggu (4/6). (ANTARA/Ahmad Faishal)
"Dulu, ada masa ketika saya pernah tidak memiliki uang untuk datang ke live-nya Bob James. Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan hanya mendengarkan albumnya. Tetapi saya lalu bersikukuh bahwa suatu hari saya mesti melihat penampilan Bob James secara langsung," kata Peter yang tampil dengan setelan jas dan mengenakan topi berwarna putih.

Baca juga: Java Jazz Festival tampilkan sesi penghormatan khusus untuk Bob James

Peter melanjutkan kisah bahwa pada tahun 1986, ia merasa sangat beruntung karena sempat datang ke North Sea Jazz Festival dan melihat langsung aksi Bob James kala itu.

"Saya berkesempatan mendapatkan akses ke belakang panggung dan memberikan sebuah angklung untuk Bob sebagai hadiah dari Indonesia. Saat itu, dia bertanya siapa saya, dan saya jelaskan mengenai Indonesia," kenang Peter.

Peter melanjutkan ketika menjadi seorang penyiar radio dan memiliki program sendiri, dirinya tak pernah absen memutarkan lagu milik Bob James berjudul "Feel Like Making Love" sebagai lagu tema pembuka.
Sesi "Tribute to Bob James" pada perhelatan The Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 ke-18, Minggu (4/6). (ANTARA/Ahmad Faishal)
"Bob, malam ini kami mau memberikan sedikit atau mungkin penghormatan besar kepadamu. Terima kasih juga kepada Sonny Abelardo yang bersama dengan Dewi (Gontha), telah menghadirkan sekitar 30 musisi ke atas panggung ini," imbuh Peter.

Digelar di BNI Hall pada hari terakhir Java Jazz 2023, sesi penghormatan untuk musisi berusia 83 tahun tersebut menampilkan sejumlah musisi kawakan di antaranya Kirk Whalum (saxophpnist), Keith Phelps (piano-keyboard-synth), Michael Palazzolo (bass), James Adkins (drums), dan Will Patrick (gitar).

Sementara dari sektor vokal, proyek musik penghormatan tersebut menghadirkan penyanyi gaek Patti Austin, Larry Brags, dan Christie. "Tribute to Bob James" juga diperkuat oleh Ron King Horn Sections dan Indonesian String.

Baca juga: Hibur massa Java Jazz, Dira kenang sosok ayah dan kebersamaan keluarga

Baca juga: Aksi bakar kalori nan menyenangkan ala Deredia di panggung Java Jazz

Baca juga: Turun panggung, MAX tampil habis-habisan pada malam kedua Java Jazz

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023